Banggai, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) memberikan pendampingan pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) guna memperkuat peran KIM dalam mendukung pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Banggai.
 
"Pentingnya kelompok informasi ini sebagai wadah yang dapat menyatukan aspirasi, memberikan edukasi, serta memfasilitasi penyampaian informasi dari pemerintah kepada masyarakat," kata Kepala Bidang Pengelola Informasi Publik (PIP) Kabupaten Banggai Ruslan Damau saat membuka kegiatan pendampingan pembentukan KIM di Banggai, Senin.
 
Ia mengatakan pendampingan pembentukan KIM ini dilaksanakan oleh Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo Santik) Provinsi Sulteng untuk memperkuat peran KIM sebagai fasilitator dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat.
 
Ia menjelaskan KIM merupakan kelompok yang dibentuk dari, oleh dan untuk masyarakat secara mandiri dan kreatif yang aktivitasnya melakukan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan nilai tambah.
 
"Peran KIM sendiri, yakni sebagai fasilitator bagi masyarakat, sebagai mitra pemerintah, sebagai penyerap dan penyalur aspirasi masyarakat, sebagai pelancar arus informasi dan sebagai terminal informasi bagi masyarakat desa/kelurahan," katanya.
 
Kegiatan pendampingan ini diikuti oleh peserta perwakilan dari berbagai desa di Kabupaten Banggai. Para peserta mendapatkan materi tentang peran strategis KIM dalam penyebaran informasi publik di tingkat desa.

Pada kesempatan itu, peserta diberikan kesempatan untuk berdiskusi, berbagi pengalaman, dan menyampaikan aspirasi terkait pembentukan KIM di wilayah masing-masing.
 
Ruslan mengatakan kegiatan ini juga sebagai bagian dari program pemerintah dalam upaya memperkuat jaringan informasi di seluruh wilayah.
 
Ia menyebut pembentukan KIM menjadi langkah strategis yang diharapkan mampu membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya informasi yang kredibel dan mampu menghadapi tantangan di era digitalisasi.
 
"Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan KIM di Kabupaten Banggai dapat tumbuh menjadi kelompok yang aktif dalam menyebarkan informasi yang akurat dan positif, serta menjadi penghubung yang kuat antara pemerintah dan masyarakat," ujarnya.

Pewarta : Nur Amalia Amir
Editor : Andilala
Copyright © ANTARA 2024