Palu (Antaranews Sulteng) (ANTARA) - Penangkaran maleo milik PT. DSLNG yang dikelola bersama BKSDA Sulteng dan Universitas Tadulako Palu akhirnya berhasil membuat burung endemik Sulawesi bernama latin macrocephalon maleo itu bertelur. 

Hal itu diungkapkan DR. Ir. Mobius Tanari MP, peneliti satwa endemik maleo dari Universitas Tadulako yang mengelola penangkaran PT. DSLNG di Desa Uso, Kecamatan Batui, Kabupaten Banggai, Kamis.

Mobius mengungkapkan dari sekira 16 ekor burung maleo dewasa yang ada di penangkaran itu, pernah ditemukan satu di antaranya bertelur. Sayang, telurnya pecah karena terlambat ditemukan petugas. 

Meski begitu, ditemukannya maleo bertelur di penangkaran merupakan satu pertanda baik. Sebab selama ini maleo dewasa tersebut baru sekali bertelur dan belum diketahui apa penyebab mereka susah bertelur di penangkaran.

"Semua masih kita pelajari, apakah itu karena faktor lokasi atau asupan protein yang menjadi kebutuhan dari maleo sendiri,” ujar Mobius.

Kabar baik lainnya yang diungkapkan Mobius ialah para peneliti telah berhasil menemukan perbedaan dari maleo jantan dan maleo betina. Perbedaan jenis kelamin maleo ini terlihat dari bentuk tubuhnya, yang betina menonjol simetris dengan leher tapi yang jantan menonjol dan agak melebar.

Ia menjelaskan, saat akan kawin, maleo jantan dan betina sama-sama mengeluarkan suara khasnya. Kemudian maleo jantan mengais pasir secara cepat sambil berputar mengelilingi maleo betina. Selang beberapa saat, maleo betina akan duduk tegak, kemudian maleo jantan naik ke atas punggung betina dan secara cepat jatuh ke kanan saat terjadi perkawinan.

"Duduk tegak maleo jantan naik ke punggung betinanya dan memegang leher betina dengan paruh lalu terjadilah perkawinan," kata Mobius menjelaskan.

Baca juga: Penangkaran PT. DSLNG sudah lepasliarkan 68 anak burung maleo (vidio)
Baca juga: Mengintip Maleo Burung Endemik Di Kawasan TNLL
Baca juga: 17 Ekor Maleo Dilepasliarkan Ke SM Bangkiriang
  Para pejabat dari BKSDA Sulteng, PT. DSLNG dan akademisi Universitas Tadulako Palu memegang anak burung maleo hasil penangkaran yang difasilitasi PT. DSLNG dan siap untuk melepaskan kembali ke habitat alaminya di Swka Margasatwa Bakiriang, Kabupaten Banggai, Sulteng, Kamis (27/9) (Antaranews Sulteng/Steven Pontoh) 

Terkait kemungkinan maleo akan diternakkan seperti unggas lainnya, ia mengaku belum bisa dipastikan meski sudah ada maleo yang bertelur di penangkaran. 

Ia mengatakan pihaknya masih terus mempelajari berbagai hal dan kelakuan dari maleo yang ada di penangkaran, sebagai tambahan materi penelitian. 

Ia juga mengaku masih mempelajari terkait komposisi atau presentase kebutuhan protein dan energi, baik kebutuhan hidup pokok atau  saat masuk fase reproduksi maleo tersebut. 

"Kalau untuk diternakkan mungkin masih butuh waktu yang panjang, karena masih rawan punah. Pasnya mungkin bahwa satu ketika maleo bisa didomestikasi," ungkapnya.

Domestikasi ialah pengadopsian tumbuhan dan hewan dari kehidupan liar ke dalam lingkungan kehidupan sehari-hari manusia. Dalam arti sederhana, domestikasi merupakan proses penjinakan yang dilakukan terhadap hewan liar.

"Mungkin pasnya bukan diternakkan tapi didomestikasi,” terangnya.

Selain di penangkaran PT. DSLNG, Mobius mengatakan pihaknya juga mengelola penangkaran maleo di PT. Panca Amarah Utama. 

"Ada dua tempat penangkaran yang menjadi sumber penelitian kami. Pertama di PT. DSLNG dengan 16 ekor maleo dewasa dan di PT. PAU dengan 23 maleo dewasa dengan usia di atas 3 tahun," ungkapnya.

Selain meneliti perkembangan kehidupan maleo, Mobius bersama tim juga melakukan penetasan telur maleo bekerjasama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tengah. 

Saat ini ada sekira 30 butir telur yang tengah berada di inkubator. Tiga di antaranya telah menetas, sementara 27 butir lainnya masih dalam proses.

"Dari dua puluh tujuh butir itu yang teridentifikasi subur ada 15 butir, lainnya kemungkinan sudah terisi air dan tidak bisa menetas,” ujar Mobius.
  Seekor anak burung maleo (machrocepalon maleo) hasil penangkaran yang difasilitasi PT.DSLNG Banggai, bertengger di atas ranting di dalam kawasan Swaka Margasatwa Bakiriang, Kecamatan Batui Selatan, Kabupaten Banggai, seolah enggan masuk habitat aslinya, setelah acara pelepasliaran 20 anak maleo di kawasan lindung itu, Kamis (27/9). Hingga saat ini, sudah 68 ekor satwa liar dan endemik Sulteng ini yang dilepasliarkan di Swaka Margasatwa Bakiriang, (Foto:Antaranews Sulteng/Stevan Pontoh)

Pewarta : Steven Pontoh
Editor : Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2024