Bentrok Terus Berkecamuk Dekat Damaskus

id bentrok, irak, damaskus

Bentrok Terus Berkecamuk Dekat Damaskus

Ilustrasi (antaranews)

Damaskus (antarasulteng.com) - Bentrok antara gerilyawan dan prajurit Suriah terus berkecamuk Senin (2/12) di wilayah Al-Qalamoun dan daerah dekat Damaskus di tengah upaya politik menggolkan konferensi perdamaian Jenewa II mengenai Suriah.

Militer Suriah meningkatkan operasi terhadap gerilyawan di banyak daerah di seluruh negeri tersebut kemarin hingga menewaskan puluhan orang dan menghilangkan "kelompok pelaku teror", kata kantor berita resmi Suriah, SANA, seperti dikutip Xinhua.

Di Al-Qalamoun pinggiran utara Damaskus, militer Suriah membuat kemajuan nyata di kota kecil Nabek, setelah merebut Qara dan Deir Attieh di Al-Qalamoun.

Al-Qalamoun yang berada di sebelah utara Damaskus dan dekat perbatasan Lebanon itu adalah wilayah penting. Dengan menguasainya, militer akan bisa mengamankan jalan internasional yang menghubungkan Damaskus dengan Provinsi Homs di Suriah Tengah dan provinsi lain di bagian utara serta memotong jalur pasokan gerilyawan dari negara tetangga, Lebanon.

Militer Suriah belum lama ini melancarkan serangan besar untuk merebut Al-Qalamoun dari tangan gerilyawan, namun gerilyawan telah menyerbu banyak bagian kota kecil Maaloula yang berada 65 kilometer sebelah timur-laut Damaskus.

Maaloula, yang dikenal sebagai salah satu dari tiga tempat di mana bahasa kuno Aramaic Barat masih digunakan, memiliki kepentingannya sendiri sebagai kota kecil itu dipandang sebagai salah satu wilayah tertua Kristen di Suriah.

Pemerintah di Damaskus pekan lalu memperingatkan mengenai tindakan gerilyawan fanatik untuk mengincar wilayah Kristen di Damaskus dengan menggunakan bom mortir dan melancarkan serangan ke kota kecil di luar Damaskus di tengah laporan bahwa gerilyawan telah merusak tempat ibadah dan lambang agama.(skd)

Penerjemah : Chaedar