Legislator: Pemprov Sulteng perlu gali sumber pendapatan baru

id DPRD Sulteng,Fraksi NasDem,NasDem,Ibrahim Hafid,PAD Sulteng,Pemprov Sulteng

Legislator: Pemprov Sulteng perlu gali sumber pendapatan baru

Ketua Fraksi NasDem Ibrahim Hafid membacakan pandangan Fraksi NasDem atas pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Provinsi Sulteng tahun anggaran 2020, dalam rapat paripurna yang digelar oleh DPRD setempat, Senin. (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Anggota DPRD Sulawesi Tengah, Ibrahim Hafid, di Palu, Senin, mengemukakan Pemerintah Provinsi Sulteng perlu menggali atau memaksimalkan potensi-potensi baru sumber pendapatan daerah.

"Mohon juga penjelasan terkait langkah-langkah ekstensifikasi dalam perluasan objek dengan melakukan penggalian sumber-sumber pendapatan baru dan potensi daerah yang dimungkinkan menurut undang-undang," ucap Ibrahim Hafid, saat membacakan pandangan Fraksi NasDem pada rapat paripurna tentang pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Provinsi Sulteng tahun anggaran 2020, Senin.

Ibrahim Hafid yang merupakan Ketua Fraksi NasDem DPRD Sulteng menilai indikator kinerja Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah berdasarkan capaian realisasi pendapatan daerah tahun 2019, terbilang baik.

Hal itu karena, realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) mencapai 105,70 persen, realisasi dana perimbangan mencapai 96,84 persen, dan pendapatan lain-lain yang sah mencapai 92,43 persen. 

"Pencapaian tersebut, akan semakin menghadapi tantangan terlebih akibat dampak pandemi COVID-19 hingga saat ini. Oleh karena itu, mohon penjelasan terkait langkah-langkah intensifikasi Pendapatan Daerah agar efektif," katanya. 

Fraksi NasDem memandang telah banyak capaian hasil kinerja yang mendapatkan pengakuan dari pihak pemerintah pusat terutama dengan penilaian tentang Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Provinsi Sulawesi Tengah TA 2019, dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI. 

"Tentunya atas dasar laporan tersebut, Fraksi NasDem mengucapkan selamat atas keberhasilannya dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya. Semoga momentum tersebut semakin mendorong peningkatan akuntabilitas dan tansparansi dalam pengelolaan keuangan daerah," sebutnya.

Selain itu, ia menambahkan, Fraksi NasDem juga mengapresiasi Pemprov Sulteng yang telah menyelenggarakan pelayanan dasar publik, dan program pembangunan daerah dengan baik di tengah berbagai dinamika dan hambatan pada Tahun 2019. 

Ia menyebut, berdasarkan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2019, realisasi serapan anggaran yang dialokasikan dari APBD Sulawesi tengah dan APBN Tahun Anggaran 2019 rata-rata antara 90-97 persen. 

 
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar