Sidang Isbat Idul Fitri Digelar Sabtu Sore

id menag, suryadarma, ali

Sidang Isbat Idul Fitri Digelar Sabtu Sore

Menteri Agama Suryadharma Ali (ANTARA)

Jakarta - Kementeria Agama akan menggelar sidang isbat penentuan Idul Fitri atau 1 Syawal pada Sabtu sore (18/8), kata Menteri Agama Suryadharma Ali di Jakarta, Senin.

Pernyataan Menag itu disampaikan usai penandatanganan Surat Keputusan Bersama (SKB) Pekan Olahraga dan Seni Pondok Pesantren Tingkat Nasional (POSPENAS) di Kemenko Kesra Jl Medan Merdeka Barat No.3, Jakarta.

"Kami akan laksanakan Sabtu sore, 18 Agustus," kata Menag Suryadharma Ali sambil masuk ke mobilnya.

Sebelumnya Sekjen Kementerian Agama Bahrul Hayat juga menjelaskan bahwa pelaksanaan sidang tersebut diselenggarakan Sabtu sore didasarkan pada perhitungan hisyab bahwa pada saat itu hilal sudah di atas nol derajat.
"Kami kan memperhitungkan 1 Syawal dan Idul Fitri berdasarkan hisyab dan rukyat," katanya.

Memang diperkirakan Lebaran atau Idul Fitri akan jatuh pada  Minggu (19/8), katanya.

Seluruh Ormas Islam akan diundang, termasuk Muhammadiyah yang pada sidang isbat penentuan awal Ramadhan tidak hadir. Sidang ini akan terbuka dan dilaksanakan di Gedung Kemenag Jalan MH. Thamrin.

Ia menolak jika sidang tersebut diselenggarakan tertutup sebagaimana disarankan salah satu Ormas Islam lainnya ketika berlangsung sidang isbat penentuan awal Ramadhan, beberapa waku lalu. Peran pemerintah sebagai mediasi. Dalam sidang itu juga akan hadir dari kalangan Badan Hisyab dan Rukyat, katanya. (E001)