Bulog jual beras dua ton pasar murah

id Bulog

Bulog jual beras dua ton  pasar murah

Opersi beras oleh Bulog (foto antara/anas massa)

...beras dijual Bulog relatif lebih murah dibandingkan harga di pasaran.
Palu,  (Antaranews Sulteng) - Bulog Sulawesi Tengah selama pasar murah berlangsung di Palu dari 25-26 Maret 2018 telah menjual beras sekitar dua ton.

Kepala Bidang Pengadaan dan OPP Perum Bulog Sulteng, Bahar Haruna di Palu, Senin, mengatakan beras dijual Bulog relatif lebih murah dibandingkan harga di pasaran.

"Kalau di pasaran harga beras medium berkisar Rp9,500/kg, tetapi di pasar murah kami hanya jual Rp8.500/kg," kata dia.

Karena selisih harga cukup tinggi, masyarakat banyak yang membeli beras di pasar murah tersebut.

Bulog, katanya setiap ada pasar murah rutin ikut terlibat di dalamnya dengan menyediakan semua komoditi pangan dibutuhkan masyarakat.

Seperti yang dilakukan pasar murah kali ini, Bulog menyediakan beberapa komoditi strategis dibutuhkan masyarakat seperti beras, gula pasir dan minyak goreng.

Selain berpartisipasi dalam kegiatan dimaksud, Bulog juga tetap melaksanakan operasi pasar (OP) khusus untuk satu komoditi yakni beras.

Pelaksanaan OP, kata Bahar tidak hanya di Kota Palu, tetapi semua kabupaten dan kota di Sulteng melalui Sub Divisi Regional (Divre) Bulog yang ada di Kabupaten Poso, Banggai dan Tolitoli.

Sub Divre Poso melayani tiga kabupaten lainnya yakni Tojo Una-Una, Morowali dan Morowali Utara.

Berikutnya, Sub Divre Bulog Tolitoli melayani Kabupaten Buol dan Sub Divre Banggai melayani Kabupaten Banggai Laut dan Banggai Kepulauan.

Sementara Kabupaten Parigi Moutong, Sigi dan Donggala dilayani Divre Sulteng di Kota Palu.

Pelaksanaan OP masih tetap berlangsung hingga harga beras di tingkat pengecer benar-benar sudah kembali normal dan panen berlangsung.

Meski sudah panen raya berlangsung, jika harga beras di tingkat pengecer masih bergerak naik, Bulog tetap melakukan OP.