Stok pertamax dan solar di Sgi kosong

id bbm, kosong palu

Stok pertamax dan solar di Sgi kosong

Ilustrasi, petugas SPBU mengisi bahan akar pada salah satu sepeda motor (Foto Antara/dok)

Sigi, (Antaranews Sulteng) - Stok bahan bakar minyak untuk jenis solar, bensin dan pertamax di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, sampai saat ini masih kosong.

Pantauan Antara, Rabu, pelayanan SPBU Sigi di Biromaru hanyalah pertalite dan itupun stoknya sangat terbatas sehingga antrean kendaraan sangat banyak.

Para pemilik kendaraan yang biasanya menggunakan premium atau bensin dan pertamax beralih mengisi kendaraan dengan pertalite.

Akibatnya terjadi antrean kendaraan yang cukup panjang di depan SPBU tersebut.

Sementara sebagian lagi pemilik kendaraan yang selama ini berdomisili di Kabupaten Sigi terpaksa mengisi BBM di Kota Palu, Ibu Kota Provinsi Sulteng, yang berbatasan langsung di Kota Palu.

Karena itu, jika stok BBM di SPBU Sigi habis, mereka lari ke Palu karena jaraknya dekat.

Namun demikian, di Kota Palu sendiri dalam beberapa hari ini juga terjadi kelangkaan tok BBM, terutama jenis solar dan bensin.

Dua hari sebelumnya, seluruh SPBU di Palu kehabisan stok BBM karena pasokan dari Pertamina terlambat disebabkan pasokan BBM dari Balikpapan terlambat tiba.

Sampai Rabu pagi terlihat beberapa SPBU di Kota Palu juga belum memiliki solar dan premium.

PT Pertamina (Persero) Wilayah Sulawesi Tengah mengakui terjadinya keterlambatan penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) sehingga sempat terjadi kekosongan stok BBM di sejumlah SPBU di Kota Palu dan sekitarnya.

"Iya, memang sempat terjadi kekosongan, hal ini dipicu beberapa faktor di antaranya keterlambatan kapal tanker pengangkut BBM masuk terminal bahan bakar di Donggala," kata Sales Eksekutif Retail V Pertamina MOR VII Mahdi Syafar.

Mahdi menjelaskan kekosongan stok BBM di SPBU di ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah ini tidak berlangsung lama sebab pihaknya segera melakukan langkah antisipasi dengan menyalurkan BBM semua jenis ke SPBU.

Bahkan, paparnya, Pertamina menambah waktu penyaluran BBM ke semua SPBU di palu dan sekitarnya untuk memenuhi stok dan kebutuhan konsumsi BBM oleh masyarakat.

"Penyaluran kami perpanjang, sejak siang hingga malam hari untuk memenuhi stok kebutuhan BBM," ujarnya.