DPK Tojo Una-una lucurkan program "Kaca Bersinar"

id perpustakaan

DPK  Tojo Una-una lucurkan program "Kaca Bersinar"

Ilustrasi, Pendiri Perpustakaan Keliling 'Nemu Buku' Palu, Neni Muhiddin (kiri) saat menerima siswa asal Provinsi Babel yang sedang mengikuti Siswa Mengenal Nusantara (SMN) di perpustakaan miliknya di Palu, Kamis (16/8) (Antaranews Sulteng/Sulapto Sali) (Antaranews Sulteng/Sulapto Sali/)

Palu,  (Antaranews Sulteng) - Dinas perpustakaan dan kearsipan (DPK) daerah kabupaten Tojo Una-Una (Touna) meluncurkan program "Kaca Bersinar" atau baca beri solusi benar, di beberapa tempat di daerah tersebut.

Kepala DPK Touna, Marni Mangun dalam rilisnya, Minggu, mengatakan program tersebut merupakan program untuk meningkatkan minat baca masyarakat dan sebagai upaya untuk mengentaskan buta aksara di Kabupaten Touna.

Pada Kamis (6/9), tim DPK Touna mulai memasang etalase buku dan salah satunya ditempatkan di rumah sakit umum daerah (RSUD) Ampana.

"Ini dilakukan agar para pengunjung bisa memanfaatkan waktu menunggu antrian dengan membaca,? kata Marni.

Marni juga mengucapkan terima kasih kepada direktur RSUD Ampana, dr. Nico yang telah ikut berpartisipasi dengan menyediakan tempat sekaligus lemari buku.

Ini adalah bentuk dukungan RSUD Ampana, karena memang untuk meningkatkan minat baca, bukan hanya tugas dinas perpustakaan saja tetapi seluruh pengambil kebijakan terkait,? kata dr. Nico.

Kemudian, Marni berharap program tersebut dapat berlanjut secara berkesinambungan, sehingga budaya gemar membaca dapat terus digalakkan untuk generasi di masa yang akan datang.

Semoga program ini dapat terus menjadikan masyarakat dan generasi mendatang lebih cerdas dan gemar membaca,? harap Marni.

Menurut Marni, saat ini program kaca bersinar, telah tersedia di dua tempat yakni RSUD Ampana dan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah.

Rencananya etalase buku juga akan ditempatkan pada kantor dinas, kafe, cottage serta rumah makan di kabupaten Tojo Una-Una, namun akan disesuaikan dengan ketersediaan anggaran daerah yang ada.