Jalur Parigi Fun Adventure pacu adrenalin

id PARIMO,LOMBA SEPEDA

Panitia sedang menguji-coba lintasan Parigi Fun Adventure 2018, Minggu (11/11). Iven ini akan digelar ada 1 Desemebr 2018. Desember (Antaranews Sulteng/Humas Pemda Parimo)

Parigi (Antaranews Sulteng) - Iven Parigi Fun Adventure 2018 (bike and camp) yang dipersiapkan untuk menyambut Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2019 baru akan dihelat 1 Desember mendatang. Namun, jalur yang akan dilalui para goweser itu telah diuji coba oleh panitia dan sejumlah club sepeda Palu, Minggu (11/11). Hasilnya, jalur yang melewati sekitar 6 desa di Kecamatan Parigi, Parigi Selatan dan Parigi Barat itu dinilai menantang dan cukup memacu adrenalin.

Sekitar pukul 06.00 wita, para goweser sudah bekumpul di depan Taman Masigi. Sebelum star, Ketua Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kabupaten Parigi Moutong, Sakti Lasimpala SPd SE MAP yang juga Ketua Panitia Parigi Fun Adventure 2018 memberikan arahan sekaligus memimpin doa.   

Tepat pukul 07.15 wita, puluhan peserta yang ikut mencoba jalur Parigi Fun Adventure ini langsung bergerak menuju ke arah selatan Parigi. Mereka terlihat cukup menikmati bersepeda di jalur ini. Mulai dari lokasi star, peserta mulai dimanjakan oleh pemandangan persawahan di sepanjang jalan beraspal hingga masuk ke persimpangan desa Olaya.

Dari titik ini, para peserta terlihat mulai melakukan sprint, hingga masuk ke Desa Olobaru. Dari sini, goweser akan ditantang melintasi jalur menanjak kurang lebih 200 meter. Sepanjang jalur desa Olobaru hingga tembus ke desa Air Panas, para goweser akan menyusuri jalan setapak menurun diapit pepohonan kakao disisi kiri dan kanan.

Dari desa Air Panas hingga ke Desa Kayuboko kondisi jalan mulai menurun. Sejumlah peserta yang melewati jalur itu mengaku terkesan dengan jalan menurun setapak yang telah disemen oleh warga itu “Jalur ini agak ekstrem, tapi keren, saya suka karena menurun,, tapi disini harus hati-hati,”kata salah seorang goweser

Sepanjang jalan dari desa Air Panas menuju ke desa Kayuboko, peserta akan melintasi beberapa jalur yang cukup ekstrem dan menantang. Dari titik ini ada dua alternatif jalur yang bisa dipilih. Bagi pecinta adventure, jalur kiri menjadi pilihan yang tepat karena disinilah jalur adventure yang sebenarnya. Tetapi bagi yang hanya sekadar menikmati sensasi fun bike, maka jalur kanan juga menjadi pilihan yang tepat. Kedua jalur yang dilalui para goweser ini nanti akan bertemu di satu titik yaitu sungai Kayuboko. Di sungai ini para peserta bisa beristirahat sejenak sembari mendinginkan badan di air sungai Kayuboko dan mendengarkan belasan mesin disel milik para penambang emas tengah beroperasi.

Dari sini, para peserta kembali akan ditantang di jalur tanjakan dan menurun hingga tembus ke desa Baliara. Dari aplikasi Strava, jarak tempuh yang dilalui goweser siang tadi hingga finish di desa Lebo mencapai 28,6 km, waktu tempuh 2 jam 25 menit, 10 detik dengan ketinggian 503 Mdpl.

Firdaus dari Palu Cycling Community yang ikut dalam uji coba jalur itu mengaku terkesan dengan jalur yang akan digunakan untuk event Parigi Fun Adventure 2018 “Tracknya asik, menantang, savetynya bagus. Saya yakin teman teman Panitia persiapannya luar biasa matang, jalur ini sayarecommended buat teman teman goweser khususnya yang Cross Country. Mari kita gowes tanggal 1 Desember. Sampe ketemu di Parigi, Palu Bangkit, Sulteng Bangkit,”ujar Firdaus saat ditemui di Pantai Lebo, Minggu (11/11).

Penilaian yang sama juga disampaikan Andi Muhamad Tavip dari Palu Montain Bike. Menurutnya,  jalur yang akan digunakan untuk Parigi Fun Adventure 2018 seratus persen sudah cukup bagus untuk dilalui, tinggal penempatan rambu rambu di jalur adventure, “Ada beberapa jalur yang kita lalui tadi, yang sebelah kiri untuk adventrure, sebelah kanan untuk fun adventure. Tapi kalau yang untuk adventure murni sebelah kiri cukup bagus, tinggal kita pasang rambu rambu saja. Kesimpulan terakhir setelah mencoba cukup bagus dan memacu adrenalin,”ujar Cyclist senior Sulawesi Tengah itu.

Menurutnya, jalur yang cukup memacu adrenalin  terdapat di desa Kayubuko hingga ke tanjakan rambutan yang langsung bisa melihat pemandangan laut Teluk Tomini, “Jalur ini sangat direkemendasikan untuk adventure dan fun adventure,”ujarnya

Ia mengajak kepada seluruh cyclis se Indonesia, khususnya Sulawesi Tengah dapat menikmati event ini 1 Desember mendatang “Kami mengajak untuk mari menikmati rute ini di Parigi Fun Adventure 2018. Panorama alam dan masyarakatnya sangat bagus, pokoknya sangat recommended. Teman teman sepeda di Parigi cukup terbuka dan siap menyambut kedatangan semua teman teman dari seluruh Indonesia, khususnya Sulawesi Tengah,”pungkasnya. (Jeprin/Humas Pemda Parigi Moutong)
Pewarta :
Editor: Fauzi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar