Pemprov Sulteng jamin stok kebutuhan pokok cukup

id harga,natal,pasar

Pemprov Sulteng jamin stok kebutuhan pokok cukup

Stok sembako jelang Natal dan Tahun Baru cukup (ANTARASulteng/Mohamad Hamzah)

Palu,  (Antaranews Sulteng) - Pemprov Sulawesi Tengah menjamin stok berbagai jenis bahan kebutuhan pokok di pasaran tersedia dalam jumlah memadai untuk memenuhi peningkatan permintaan sehubungan dengan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

"Begitu pula harga relatif stabil dan terkendali," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulteng, Arief Latjuba di Palu, Rabu.

Ia mengatakan menghadapi hari Natal dan Tahun Baru dipastikan permintaan masyarakat terhadap komoditas tertentu meningkat, dan jika tidak diimbangi dengan persediaan yang memadai, biasanya dapat memicu kenaikan harga.

Karena itu, pemerintah terus mendorong para distributor untuk menjaga pasokan agar berjalan lancar sehingga distribusi ke pasar-pasar tetap ada sehingga tidak sampai terjadi kekurangan, apalagi kekosongan.

Selama stok cukup memadai, tentu pedagang enggan menaikan harga sepihak,. Apalagi untuk sejumlah komoditi pangan yang telah ditetapkan standar harga eceran tertinggi (HET).

Ada beberapa bahan kebutuhan pokok yang sudah ditetapkan HET oleh pemerintah pusat dan berlaku untuk semua daerah. Seperti berar,gula pasir, minyak goreng dan daging beku.

Harga kebutuhan itu tidak boleh diatas HET. Dan jika ada distributor atau pengecer menaikan melebihi HET, bisa dikenakan sanksi sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

"Kita sudah ada yang namanya satgas pangan," kata dia.

Satgas pangan dikoordinir oleh Polda dan Polres di daerah masing-masing," ujarnya.

Jika ada pedagang nakal yang menaikan harga, masyarakat bisa melaporkannya kepada satgas untuk ditindak lanjuti.

Karena itu, Arief meminta kepada distributor dan pengecer untuk tidak melakukan tindakan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain dengan tidak menimbun atau menaikan harga secara sepihak.

"Jangan memanfaatkan kesempatan disaat permintaan meningkat, lalu menaikan harga seenaknya," tegasnya.

Menyangkut ketersediaan bahan pokok di pasaran, menurut dia, cukup memadai.

Stok gula pasir, tepung terigu, beras, telur ayam, mantega, minyak goreng, bawang merah, bawang putih, daging ayam dan daging sapi di pasar-pasar tradisional maupun pasar modern hingga ini masih memadai.

Selain itu, biasanya menghadapi hari-hari raya, distributor menambah pasokan.

Juga jika terjadi kenaikan, Bulog sewaktu-waktu menggelar operasi pasar stabilisasi harga. Bulog Sulteng selain memiliki stok beras, juga daging beku, minyak goreng, dan gula pasir,.