Pertamina normalisasi pasokan BBM di Palu

id Pertamina, BBM, pasokan BBM

Pertamina normalisasi pasokan BBM di Palu

Ilustrasi (antaranews)

Palu (Antaranews Sulteng) - PT Pertamina (Persero) segera melakukan normalisasi pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Kota Palu dan sekitaranya karena stok BBM pada semua SPBU di ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah ini mengalami kekosongan sehingga terjadi antrean panjang. 

"Terjadi kendala pada kapal tanker pengangkut BBM MT Alice yang sedianya mengisi pasokan BBM ke Terminal BBM Donggal sehingga terjadi keterlambatan pasokan, " kata Unit Manager Communication & CSR MOR VII Sulawesi M Roby Hervindo saat dihubungi, Selasa. 

Roby menjelaskan, gangguan teknis terhadap kapal tanker MT Alice langsung diganti dengan kapal tanker MT Karmila.

Kapal tersebut sudah bertolak dari Balikpapan membawa sebanyak 2.000 kiloliter BBM jenis pertamax, 3.100 kiloliter premium serta 2.200 kiloliter Biosolar. 

"Hari ini (Red) kami pastikan kondisi BBM di Palu dan sekitarnya mulai stabil karena kapal pengangkut BBM sudah tiba di TBBM Donggala sejak pagi, " tambahnya.
Guna melancarkan distribusi BBM ke SPBU di dalam dan luar Kota Palu, pertamina melakukan alih suplai dengan mendatangkan sejumlah mobil tangki melalui TBBM Poso. 

"Masyarakat tidak perlu khawatir, karena pasokan BBM sudah tersedia tinggal didistribusi. Pertamina mengupayakan semua SPBU terlayani," tuturnya.

Selaku lembaga penyalur BBM yang diamanatkan pemerintah, pertamina menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami konsumen akibat keterlambatan penyaluran. 

Menurut Roby, masyarakat dapat ikut aktif dalam meningkatkan pelayanan pertamina terutama dalam pendistribusian BBM dan elpiji dengan cara menghubungi contact center 1 500 000.

Keterlambatan pasokan BBM, mengakibatkan tumpukan kendaraan dihampir semua SPBU tak terhindarkan, akibatnya arus lalu lintas ikut terganggu. Kondisi ini justru dimanfaatkan pedagang pengecer meraup keuntungan. 

Sejak 10 Februari 2019, pertamina melakukan penyesuaian harga BBM termasuk Sulteng. Penyesuaian harga menyusul menurunnya tren harga minyak mentah dunia dan menguatnya rupiah terhadap dollar Amrika Serikat.