Nelayan Ambon Panen Rumput Laut

id nelayan, ambon, panen, rumput laut

Nelayan Ambon Panen Rumput Laut

Panen rumput laut (FOTO ANTARA/Zabur Karuru)

Ambon (antarasulteng.com) - Nelayan Desa Passo, Kecamatan Bagula Kota Ambon, panen rumput laut program rehebilitasi dan rekonstruksi pascabencana dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sabtu.
         
"Aksi panen rumput laut dilakukan serentak oleh dua kelompok nelayan atau 14 kepala keluarga di Desa Passo ," kata Kepala BBPD Kota Ambon Tjokro Broery di Ambon, Sabtu.
    
Ia mengatakan panen perdana rumput laut kering jenis Euchema, SP, di Desa Passo setelah melewati masa tanam 45 hari di kedalaman 7-10 meter di kawasan Teluk Ambon.
         
"Sebelumnya, kami telah melakukan panen bibit rumput laut di Desa Hutumuri dan Wailiha, tetapi saat ini diwujudkan dengan panen kering untuk dijual kepada pengumpul," katanya.
         
Tjokro mengatakan dalam bantuan sosial berpola hibah itu, pihaknya menyiapkan 100 paket rumput laut untuk kelompok nelayan di 10 desa dan negeri di Ambon.
         
"Hingga saat ini kami telah melakukan penanaman 41 paket rumput laut di tujuh desa, sementara tiga desa lainnya saat ini menunggu kondisi alam guna proses budi daya rumput laut," katanya.
         
Sepuluh desa lokasi budi daya rumput laut yakni Wailiha, Toisapu, Hutumuri, Kecamatan Leitimur Selatan, Desa Passo, Lateri, Negeri Lama, Nania, Waiheru, Kecamatan Baguala, dan Desa Hative Besar dan Tawiri, Kecamatan Teluk Ambon.
         
"Tiga desa lainnya menunggu kondisi alam sebelum dilakukan proses tanam dan diharapkan dalam waktu dekat juga akan melakukan panen," katanya.