Ajax tundukkan PAOK 3-2

id ajax,paok,kualifikasi liga champions,liga champions

Penyerang Ajax Dusan Tadic (kanan) memeluk rekannya Hakim Ziyech seusai mengalahkan PAOK 3-2 dalam laga kedua putaran ketiga kualifikasi Liga Champions di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Belanda, Selasa (13/8/2019) setempat, demi meloloskan diri ke babak playoff. (ANTARA/AFP/Olaf Kraak)

Jakarta (ANTARA) - Jawara Belanda Ajax mendapatkan tiga hadiah tendangan penalti dari wasit Craig Pawson saat mereka berhasil menundukkan PAOK 3-2 demi meloloskan diri ke babak playoff Liga Champions 2019/20.

Hasil 3-2 dalam laga kedua putaran ketiga kualifikasi yang berlangsung di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Belanda, Rabu dini hari WIB itu membuat Ajax lolos dengan keunggulan agregat 5-4 atas wakil Yunani tersebut.

Meski mendapatkan tiga hadiah tendangan penalti, Dusan Tadic yang jadi algojo dalam tiga kesempatan itu hanya bisa memanfaatkan dua di antaranya, satu gol Ajax lainnya diciptakan oleh Nicolas Tagliafico, demikian catatan laman resmi UEFA.

Kendati bernafsu menggebrak barisan pertahanan tamunya sejak sepak mula, Ajax justru dihadapkan pada jawaban keras PAOK yang berhasil membalikkan keadaan dan membuka keunggulan pada menit ke-23 lewat tembakan jarak jauh Diego Biseswar.

Ajax memperoleh kesempatan penalti pertama mereka pada menit ke-30 setelah David Neres dijatuhkan oleh Dimitrio Pelkas di dalam area terlarang, namun eksekusi Tadic berhasil ditebak dan dihentikan kiper Alexandros Paschalakis.

Tendangan penalti kembali diperoleh Ajax setelah Biseswar didakwa menyentuh bola dengan tangan di dalam kotak penalti dan kali ini Tadic melakoni tugasnya dengan baik untuk menyamakan kedudukan 1-1 pada menit ke-43.

Memasuki babak kedua Ajax bermain lebih percaya diri dan akhirnya membalikkan keadaan saat Tagliafico menanduk umpan sepak pojok Hakim Ziyech pada menit ke-79.

Pada menit ke-84 Pawson kembali menunjuk titik putih di dalam kotak penalti PAOK menyusul pelanggaran Leo Matos terhadap Tagliafico.

Tadic yang masih dipercaya sebagai algojo mencetak gol keduanya di laga tersebut dengan melesakkan bola ke sudut kiri bawah gawang dan memperbesar keunggulan Ajax menjadi 3-1.

PAOK belum patah semangat, sayangnya gol yang mereka cari baru terlahir pada menit ketiga masa injury time lewat Biseswar lagi.

Skor 3-2 untuk Ajax yang bertahan hingga laga usai, memaksa PAOK angkat kaki dari kualifikasi Liga Champions dan turun kasta ke Liga Europa.

Ajax akan ditantang APOEL FC di babak playoff setelah klub Siprus itu sukses mempecundangi FK Qarabag 2-0 dan lolos berkat membalikkan agregat menjadi 3-2.

Sementara itu di laga lain yang berlangsung dan usai hampir bersamaan, jawara Kroasia Dinamo Zagreb menang telak 4-0 di kandang Ferencvaros untuk lolos dengan agregat 5-1, LASK (Austria) menyingkirkan Basel usai kemenangan 3-1 (agregat 5-2) dan Olympiakos melewati hadangan Istanbul Basaksehir 2-0 (agregat 3-0).

Susunan pemain:

Ajax (4-3-3): Andre Onana; Noussair Mazraoui, Joe Veltman, Lisandro Martinez, Nicolas Tagliafico; Razvan Marin (Sergino Dest), Donny van de Beek (Dani de Wit), Daley Blind; Hakim Ziyech, Dusan Tadic, David Neres (Klaas-Jan Huntelaar)
Pelatih: Erik ten Hag

PAOK (4-4-2): Alexandros Paschalakis; Leo Matos, Fernando Varela, Jose Crespo, Dimitris Giannoulis; Leo Jaba (Dimitris Limnios), Omar El Kaddouri, Anderson Esiti (Josip Misic), Diego Biseswar; Dimitris Pelkas (Karol Swiderski), Chuba Akpom
Pelatih: Abel Fernando Moreira Ferreira
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar