Barcelona hantam Alaves 4-1

id barcelona, sevilla,liga spanyol,alaves,mallorca,luis suarez,lionel messi,antoine griezmann,arturo vidal,ever banega

Barcelona hantam Alaves 4-1

Megabintang Barcelona Lionel Messi (kanan) melakukan selebrasi bersama Antoine Griezmann (tengah) dan Luis Suarez usai mencetak gol ketiga timnya ke gawang Alaves dalam lanjutan Liga Spanyol di Stadion Nou Camp, Barcelona, Spanyol, Sabtu (21/12/2019). (ANTARA/REUTERS/Albert Gea)

Jakarta (ANTARA) - Barcelona menghantam tamunya Alaves 4-1 ketika pada pertandingan lebih awal Sevilla memetik tiga poin dari markas Mallorca dalam pertandingan Liga Spanyol pekan ke-18, Sabtu.

Menjamu Alaves di Nou Camp, Barcelona menang berkat gol trio Lionel Messi, Luis Suarez dan Antoine Griezmann, serta Arturo Vidal, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol.

Setelah gol Sergio Busquets dianulir karena offside pada menit ke-10, Griezmann membawa Barcelona unggul empat kemudian setelah menyelesaikan umpan tarik Suarez yang sempat gagal dipotong oleh bek Alaves Ximo Navarro.

Vidal menggandakan keunggulan Barcelona pada menit ke-45 lewat tembakan sentuhan pertama  setelah menyambut umpan kiriman Suarez.

Pada menit ke-56, Alaves memperkecil ketertinggalan saat umpan silang Ruben Duarte ditanduk Pere Pons melewati kiper Marc-Andre ter Stegen yang terlanjur tak berdaya.

Gol itu sempat membuat Alaves seolah memperoleh momentum kebangkitan, tetapi Barcelona kembali menjauhkan diri ketika Suarez menyodorkan bola untuk digiring Messi melewati beberapa pemain sebelum diselesaikan dengan tembakan khasnya ke pojok kiri atas gawang Alaves pada menit ke-69 sehingga menutup 2019 dengan total 50 gol.

Pada menit ke-75, Suarez melengkapi penampilannya dengan ikut masuk daftar pencetak gol lewat eksekusi penaltinya menyusul keputusan wasit menganggap Martin Aguirregabiria menyentuh bola dengan tangan di dalam kotak terlarang.

Kemenangan itu membuat Barcelona mantap di puncak klasemen dengan koleksi 39 poin atau tiga poin di atas Real Madrid (36). Posisi mereka bakal aman sampai akhir musim dingin, kecuali Real Madrid menang dengan selisih enam gol atau lebih pada Senin dini hari WIB esok.

Sevilla menang mudah

Dalam pertandingan lain yang berlangsung lebih awal, Sevilla memetik kemenangan mudah 2-0 atas tuan rumah Mallorca di Stadion Son Moix.

Sevilla menguasai 60 persen pengendalian bola dan Mallorca hanya sekali melepaskan tembakan tepat sasaran.

Keunggulan Sevilla dibuka pada menit ke-20 yang bermula dari sepak pojok yang berakhir dengan tandukan jarak dekat bek Diego Carlos.

Gol kedua Sevilla baru lahir pada menit ke-63 dari tendangan 12 pas yang dikonversi Ever Banega menyusul keputusan wasit dibantu VAR memvonis Iddrisu Baba bersalah atas pelanggaran terhadap Joan Jordan di dalam kotak penalti.

Sevilla menjaga posisi tetap pada urutan ketiga klasemen dengan 34 poin, sedangkan Mallorca (15) terancam terperosok ke zona degradasi yang hanya terpaut satu poin.