Banda Aceh (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Rusdy Mastura meninjau langsung pertandingan atlet Sulteng untuk memberikan motivasi kepada para atlet yang berlaga pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/ 2024 di Aceh.
 
"Saya optimistis Sulteng Emas bisa kita wujudkan dan meraih 10 medali emas seperti yang telah kita targetkan," kata Rusdy Mastura saat memberikan pengarahan kepada atlet Sulteng di Aceh, Selasa.
 
Pada kesempatan ini, Gubernur didampingi oleh Ketua Kontingen PON Sulteng Brigjen TNI Dody Triwinarto dalam melihat langsung jalannya pertandingan pada cabang olahraga dayung yang berlangsung di Waduk Keuliling, Banda Aceh.
 
Kemudian, Gubernur melanjutkan untuk memberikan pengarahan kepada atlet dan pelatih agar dapat terus meningkatkan semangat dan motivasi untuk meraih medali emas.
 
Rusdy Mastura menilai program Sulteng Emas ini mampu diwujudkan, dengan melihat sejumlah peluang potensi medali pada sejumlah cabang olahraga yang sedang diperlombakan.
 
Hal ini, kata dia, melihat bahwa cabang olahraga Muaythai sudah dipastikan menyabet satu medali perunggu, dan sementara dari hasil pertandingan sepak bola pada Sabtu (8/9), Sulteng berhasil menang melawan Jawa Tengah 2-1 di grup B.
 
Selain itu, cabang olahraga dayung nomor Rowing pada tiga kelas juga berhasil memasuki babak final A. Untuk itu, Rusdy mengaku Provinsi Sulteng mampu mengukir prestasi gemilang pada PON XXI Aceh-Sumut 2024 ini.
 
Terlebih, kata dia, pada atlet Sulteng telah menjalani pemusatan latihan daerah (Puslatda) selama 72 hari untuk untuk meningkatkan teknik dan mental bertanding para atlet yang akan berlaga.
 
"Kita bisa meraih target 10 medali emas asal mampu berjuang," ujarnya.
 
Menurut dia, pihaknya akan terus mengembangkan dan memfasilitasi sektor olahraga di wilayah Sulteng, sehingga provinsi ini dapat mencetak atlet-atlet berprestasi.
 
Provinsi Sulawesi Tengah mengirimkan sebanyak 210 atlet dan 106 pelatih bersama asisten pelatih. Sebanyak 101 atlet berlaga di Provinsi Aceh dan 109 atlet bertanding di Medan, Sumatera Utara.

Pewarta : Nur Amalia Amir
Editor : Andilala
Copyright © ANTARA 2024