Sigi, Sulteng (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi, Sulawesi Tengah, meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas dan rumah sakit di daerah itu dengan memastikan masyarakat Sigi terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).
 
Bupati Sigi Mohamad Irwan Lapatta di Dolo, Kamis, mengatakan pentingnya peningkatan kualitas layanan kesehatan yang optimal dan terintegrasi antara Puskesmas dan rumah sakit.
 
"Tentu akurasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) penting untuk memastikan masyarakat mendapatkan layanan kesehatan yang sesuai kebutuhan," kata Irwan.
 
Ia mengemukakan pihaknya melalui perangkat daerah terkait seperti Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan melakukan evaluasi setiap bulannya memperbaharui DTKS sehingga bantuan pemerintah tepat sasaran.
 
"Jadi ada Standar Operasional Prosedur (SOP) DTKS dalam pelayanan kesehatan di tingkat Puskesmas dan Rumah Sakit di Kabupaten Sigi, sehingga tidak masyarakat ingin berobat hanya perlu menunjukkan KTP elektronik untuk diperiksa apakah terdaftar di DTKS atau tidak, " ucapnya.

Harapannya antara pemerintah daerah, tenaga kesehatan, dan perangkat desa bisa bersama-sama mencapai target program kesehatan di Kabupaten Sigi.
 
Irwan menyebutkan saat ini pelaksanaan program Masagena berbasis Data Terpadu Kesejahteraan Sosial.
 
"Makanya untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan dan pemberian bantuan sosial kepada masyarakat akan berdasarkan data yang tersinkronisasi dengan NIK masyarakat," ujarnya.
 
Menurutnya masyarakat tidak perlu membawa kartu masagena namun hanya cukup dengan membawa KTP untuk mengetahui seluruh keterangan dan kepesertaan dalam jaminan sosial yang bersangkutan.
 
"Ke depan masyarakat dapat menikmati secara mudah pelayanan kesehatan dan bantuan sosial dari pemerintah daerah dan harapannya agar program yang sangat penting ini dapat terus berkelanjutan dan dilanjutkan oleh pemimpin daerah selanjutnya sebagai wujud bakti dan pengabdian kepada masyarakat," tuturnya.

Pewarta : Moh Salam
Editor : Andilala
Copyright © ANTARA 2024