Palu (ANTARA) - PT Citra Palu Minerals (CPM) Palu membantu menyalurkan air bersih yang tersambung dari sumur air hingga ke 25 rumah warga di Kelurahan Talise, Kecamatan Mantikulore.

“Masyarakat mengajukan permohonan sesuai kebutuhan, sumber air sudah ada dan mereka minta untuk dibantu penyaluran hingga ke rumah-rumah warga,” jelas Superintendent Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM-CSR) PT CPM Palu Rahyunita Handayani, usai serah terima sarana air bersih ke RT 07, RW 02 Kelurahan Talise, Sabtu siang.

Rahyunita mengatakan bantuan sarana air bersih tersebut disalurkan melalui program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat PT CPM Palu. 

“Setelah kami melakukan peninjauan maka kami melakukan pipanisasi dan sudah ada kurang lebih 25 kepala keluarga yang menikmati air tersebut,” sebutnya.

Dia menjelaskan pada program tersebut PT CPM Palu telah membentuk dua kelompok yang akan mengelola dan mengembangkan sarana air bersih tersebut.

“Kami tetap akan melakukan pembinaan secara berkala terhadap dua kelompok yang telah dibentuk sehingga air bersih tersebut bisa dinikmati lebih banyak warga lagi,” terangnya.

Kata Rahyunita soal sistem langganan, warga diberikan kewajiban iuran sebesar Rp110 ribu per bulan.

“Kami butuh dua bulan untuk melakukan assessment di Kelurahan Talise dan kelompok yang sudah di edukasi akan mengatur dan mengelola selanjutnya,” ucapnya.

Dia menambahkan, PT CPM hanya memberikan bantuan untuk sarana air bersih, sementara warga membantu untuk penyambungan dari sumber air hingga menuju rumah warga.

“Air bersih juga disalurkan ke rumah ibadah dan kebun obat-obatan warga di RT 07,” ucapnya.

Sementara itu, salah seorang warga RT 07, Zubaedah (61) mengatakan sebelumnya warga memanfaatkan air dari PDAM namun tak berjalan sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

“Karena PDAM tidak berjalan baik maka kami warga di RT 7 memilih untuk membeli air bersih Rp150 ribu per tangki, satu bulan sampai empat tangki sesuai kebutuhan per rumah,” terangnya.

Zubaedah menuturkan, usai melakukan pengajuan ke PT CPM, maka langsung disalurkan bantuan pipanisasi air bersih.

“Kami sangat berterima kasih kepada PT CPM karena sekarang warga bisa memanfaatkan air bersih tanpa harus mengeluarkan uang lebih besar untuk membeli air,” tutur Zubaedah. 


Pewarta : Kristina Natalia
Editor : Andilala
Copyright © ANTARA 2024