Buol (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah mengajak masyarakat dan para pemuda di daerah itu untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
 
Sekretaris Daerah Kabupaten Buol, Dadang, di Buol, Kamis, mengemukakan pentingnya penguatan ideologi khususnya menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2024.
 
"Pancasila sebagai dasar negara harus diutamakan dalam menghadapi ancaman ideologi alternatif, politisasi agama, dan hoaks yang semakin marak," katanya

Dadang mengatakan, salah satu upaya mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari yaitu melalui program Kampung Moderasi Beragama di Desa Boilan dan Desa Modo.
 
"Program ini efektif dalam menciptakan kerukunan hidup antarumat beragama di Kabupaten Buol," ucapnya.
 
Kata dia, Pancasila berperan penting dalam menghadapi tantangan-tantangan seperti radikalisme dan ketidakadilan hukum.
 
“Sosialisasi ini tentunya dapat memperkuat wawasan kebangsaan dan nilai-nilai Pancasila di masyarakat, "sebutnya.
 
Menurut dia, dengan sosialisasi dapat memberikan pemahaman yang mendalam mengenai Pancasila, bahaya radikalisme, dan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.
 
"Harapannya sosialisasi ini dapat memotivasi masyarakat untuk terus menyebarkan nilai-nilai Pancasila dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga keutuhan NKRI, sehingga Kabupaten Buol dapat menjadi contoh sebagai daerah yang aman, damai, dan sejahtera," ujarnya.

Pewarta : Moh Salam
Editor : Andilala
Copyright © ANTARA 2024