Buol (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Buol), Sulawesi Tengah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat memastikan pelayanan pendidikan anak usia dini yang holistik di daerah itu.

Penjabat (Pj) Bupati Buol Muchlis di Biau, Rabu, mengatakan salah satu upaya untuk meningkatkan pelayanan pendidikan itu melalui pelaksanaan kegiatan Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tingkat kabupaten di wilayah tersebut.

"Tentu tujuan utamanya adalah mendukung perkembangan anak usia dini melalui berbagai kegiatan yang edukatif dan menghibur sehingga melatih perkembangan anak dalam aspek kognitif, sosial, dan motorik," kata Muchlis.

Dalam kegiatan Gebyar Paud itu menampilkan sejumlah lomba karya nyata guru, mewarnai, mendongeng, menyanyi solo, tari kreasi, dan peragaan busana, serta anak-anak diberikan kesempatan untuk mengekspresikan bakat dan kreativitas mereka.

"Pelaksanaan kegiatan ini juga sekaligus mempererat hubungan antara guru, orang tua dan anak-anak," ucapnya.

Kata dia, pendidikan anak usia dini merupakan fondasi penting dalam membangun karakter dan kemampuan anak.

"Harapannya Gebyar Paud ini menjadi ajang yang mendukung perkembangan anak sekaligus mempererat kerjasama antara semua pihak termasuk guru, orang tua, masyarakat dan pemerintah daerah," sebutnya.

Ia menegaskan bahwa pentingnya pendidikan yang menyenangkan dan mendidik dengan fokus pada kesehatan, gizi, pengasuhan, dan kesejahteraan anak.

"Ini sebagai langkah nyata guna memastikan bahwa anak-anak di Kabupaten Buol mendapatkan fondasi pendidikan yang solid untuk menghadapi tantangan pada masa mendatang," ujarnya.

Pewarta : Moh Salam
Editor : Andilala
Copyright © ANTARA 2024