Palu (Antarasulteng.com) - Bupati Sigi Mohamad Irwan Lapata, SSos.MSi, mencanangkan enam desa di daerahnya sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek) yang berlangsung di lokasi Tugu Gerhana Matahari Total (GMT), Desa Pakuli Utara, Kecamatan Gumbasa, sekitar 60 kilometer selatan Kota Palu, Sabtu.

Pencanangan tersebut ditandai dengan pemukulan gong dan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh enam kepala desa dari dua kecamatan yakni Kepala Desa Pakuli Utara, Pandere, Kalawara, Sibalaya Barat, Sibalaya Utara dan Sibalaya Selatan, disaksikan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Palu, Muhyiddin.

Muhyiddin mengemukakan bahwa keenam enam desa itu dipilih antara lain karena faktor jarak dari Kota Palu yang relatif dekat sehingga bisa dikunjungi secara intensif oleh staf BPJS-TK Palu untuk kepentingan sosialisasi dan pembinaan.

Selain itu, desa-desa tersebut memiliki penduduk sekitar 50 persen yang potensial menjadi peserta BPJS-TK serta informasi mengenai program Jamsostek sudah mulai dikenal oleh warga setempat.

"Saat ini sudah sekitar 500 peserta baru BPJS Ketenagakerjaan yang diakuisisi dari penduduk di enam desa tersebut dan beberapa di antaranya bahkan sudah pernah menerima manfaat kepesertaan ini," ujar Muhyiddin dan menambahkan bahwa masyarakat desa ini mengikuti dua program yakni Jaminan Kematian (JKm) dan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK).



"Iurannya juga murah, hanya sekitar Rp16.000/orang/bulan, namun manfaatnya sangat besar karena bila peserta mengalami kecelakaan kerja dan meninggal dunia, maka ahli warisnya akan menerima manfaat sampai puluhan juta untuk kelangsungan hidup keluarga," ujarnya.

Irwan Lapatta mendorang BPJS Ketenagakerjaan untuk lebih aktif melakukan sosialisasi tentang manfaat BPJS Ketenagakerjaan tidak hanya di enam desa itu tetapi juga ke desa-desa lainnya serta memberikan pengawalan kepada masyarakat yang sudah jadi peserta agar mereka tidak mengalami kesulitan dalam membayar iuran dan mengurus klaim bila terjadi risiko.

"Saya memberikan peluang seluas-luasnya kepada BPJS Ketenagakerjaan untuk mengembangkan program ini kepada masyarakat di seluruh desa, disamping kepada para pegawai non-ASN di lingkungan pemerintah kabupaten," katanya.

Acara pencanangan Desa Sadar Jamsostek yang dihadiri ratusan warga ini dimeriahkan dengan hiburan oleh artis-artis Kota Palu dan pengundian puluhan hadiah menarik serta penyerahan santunan kepada ahli waris warga desa setempat yang meninggal dunia.




Pewarta : Rolex Malaha
Editor : Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2024