Palu, (Antaranews Sulteng) - Menteri Perindustrian (Menperin), Airlangga Hartanto mendorong mahasiswa di Sulawesi Tengah agar berwirausaha sejak duduk di bangku kuliah.

Airlangga tidak ingin mahasiswa selesai mengenyam pendidikan, banyak yang hanya menjadi karyawan apalagi menjadi pengangguran.

Hal itu dikemukakan Airlanggan saat memberi kuliah umum di Teater Room Universitas Tadulako, Jumat.

Di depan mahasiswa Untad dari berbagai jurusan tersebut, Airlangga menekankan agar terus meningkatkan keterampilan yang dimiliki karena keterampilan merupakan modal dasar dalam memulai suatu usaha.

"Kunci utamanya kalau mau jadi enterpreneurship sukses ada dua, pintar dan perbanyak pertemanan," ujarnya.

Menurut dia, ketahanan ekonomi Indonesia makin kuat jika jumlah pengusaha yang dimiliki makin banyak.

Apalagi kata dia, hingga tahun 2045 Indonesia memiliki bonus demografi atau masa dimana jumlah penduduk usia muda lebih banyak daripada penduduk usia tua.

Sampai 15 tahun nanti, Indonesia masih dihuni oleh penduduk yang mayoritas berusia produktif.

"15 tahun ke depan kita masih punya bonus demografi. Ini merupakan masa emas sehingga adik-adik mahasiswa harus terus mengasah skill yang dimiliki," katanya di depan civitas akademika Untad.

Di akhir kuliah umum yang ia bawakan, Airlangga menantang mahasiswa yang hadir yang belum memiliki usaha, setahun kemudian sudah harus berwirausaha.

"Tahun depan saya akan kemari lagi. Saya akan tagih dengan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan apakah mahasiswa dan mahasiswinya sudah berwirausaha atau tidak. Minimal penghasilannya satu miliar," katanya disambut riuhan peserta.

Sebelum memberi kuliah umum di Untad, Menperin Airlangga Hartanto terlebih dulu mengunjungi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Pantoloan, Kecamatan Tawaeli. 

Pewarta : Fauzi
Uploader : Sukardi
Copyright © ANTARA 2024