Apple dan Google tindak aplikasi terkait corona

id Apple,google,app store,play store

Apple dan Google tindak aplikasi terkait corona

Ilustrasi toko aplikasi milik Apple, App Store. (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Apple dan Google telah mulai menindak aplikasi yang terkait dengan virus corona untuk memerangi misinformasi.

Dikutip dari The Verge, Jumat, pengembang aplikasi mengatakan Apple menolak apa pun dan semua perangkat lunak mobile yang berhubungan dengan virus corona yang bukan berasal dari organisasi kesehatan yang diakui atau pemerintah.

Lebih lanjut, Google juga dilaporkan tidak memunculkan hasil apa pun untuk pencarian terkait virus corona di Play Store, meskipun saat ini tidak jelas apakah Google juga membatasi persetujuan aplikasi baru.

Apple tampaknya mendapati aplikasi terkait virus corona dalam proses tinjauan manualnya,  dan pengembang mengatakan mereka menerima pesan dari Apple yang berbunyi “Aplikasi dengan informasi tentang medis saat ini perlu diserahkan ke lembaga yang diakui.”

Beberapa aplikasi seluler dari pengembang independen yang memberikan informasi dengan bersumber data dan informasi dari Organisasi Kesehatan Dunia, terjebak dalam larangan tersebut.

Apple tampaknya mengevaluasi apakah aplikasi yang menyediakan informasi terkait dengan virus corona dapat menjadi sumber informasi terpercaya bagi publik.

Dalam hal ini, tampaknya Apple membatasi sumber-sumber terpercaya itu hanya untuk organisasi kesehatan resmi dan pemerintah.

Dari pantauan Antara, Jumat, beberapa aplikasi iOS yang terkait dengan virus corona masih muncul di hasil pencarian. Sementara untuk Android, Google tampaknya sengaja memblokir hasil pencarian untuk virus corona, coronavirus maupun COVID-19.

 

Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar