Rumah Bung Karno Akan Dipugar

id rumah, bung karno, pugar

Rumah Bung Karno Akan Dipugar

Rumah Bung Karno di Bandung (FOTO ANTARA/Rezza Estily)

Atap ada yang bocor di beberapa titik, dan dinding bagian depan, seperti jendela yang tidak bisa lagi dibuka, karena sudah keropos," katanya.
Bengkulu (antarasulteng.com) - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Balai Pelestarian Cagar Budaya Jambi pada Agustus tahun ini akan memugar Rumah Bung Karno yang ditempati saat menjalani pengasingan di Bengkulu dalam kurun 1938 hingga 1942.

"Rumah Bung Karno akan dipugar tahun ini dan kami jadwalkan akhir Agustus atau awal September dimulai," kata Kepala Seksi Pelestarian dan Pemanfaatan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jambi Rusmeijani Setyorini saat dihubungi dari Bengkulu, Jumat.

Ia mengatakan, setelah Lebaran pada awal Agustus 2013, petugas pemugaran mulai mempersiapkan bahan untuk kebutuhan kegiatan tersebut.

Pemugaran rumah bersejarah itu, kata dia, sudah direncanakan sejak 2012, dimana tim BPCB mendata kerusakan aset yang terdapat di Jalan Soekarno, Kelurahan Anggut, itu.

"Tahun lalu sudah ada pendataan kerusakan dan tahun ini realisasi perbaikannya," katanya.

Menurutnya kondisi rumah pengasingan milik seorang saudagar berdarah Tionghoa tersebut memang sudah mengalami kerusakan di sejumlah bagian rumah.

Hasil pendataan, kata dia, kerusakan yang terjadi antara lain pada bagian atap dan dinding rumah khususnya di bagian depan.

"Atap ada yang bocor di beberapa titik, dan dinding bagian depan, seperti jendela yang tidak bisa lagi dibuka, karena sudah keropos," katanya.