Balotelli Jadi Simbol Eropa

id balotelli, milan, bola

Balotelli Jadi Simbol Eropa

Mario Balotelli (REUTERS / Tony Gentile)

Milan (antarasulteng.com) - Popularitasnya terus menjulang, bukan sebatas menjebol gawang lawan, melainkan perilakunya kerapkali memantik kontroversi. Dia Mario Balotelli yang dijuluki sebagai simbol dari "Eropa yang baru" karena ia bersuara lantang menentang rasisme.

"Kita tidak dapat menghapus rasisme. Rasisme seperti kecanduan merokok. Anda harus benar-benar membulatkan tekad untuk berhenti merokok. Kita tidak akan mampu menghentikan rasisme sampai masyarakat benar-benar bertekad bulat menghapus rasisme," kata Balotelli yang mengaku geram dengan perilaku berbau rasis.

"Saya benar-benar prihatin dengan penyakit seperti itu," katanya sebagaimana dikutip dari situs La Gazzetta dello Sport.

Baru-baru ini gambar Balotelli dimuat dalam cover penuh sebuah majalah Amerika Serikat. Pemain timnas Italia yang berjuluk SuperMario itu diberi gelaran sebagai "sosok yang menarik di dunia sekarang ini." Ia orang Italia keturunan Afrika.

Balotelli disebut-sebut simbol dari AC Milan, juga simbol dari Eropa yang baru. Ia digadang-gadang sebagai salah satu pesepak bola terbaik di dunia dan "teman" dari Paus Fransiskus.

Ketika merujuk kepada hubungannya dengan presiden AC Milan, Silvio Berlusconi, ia mengatakan, "Saya punya hubungan yang fantastis dengan dia."

Balotelli juga berkomentar soal presiden Amerika Serikat, Barack Obama, "Saya yakin dia orang hebat yang mampu memberi inspirasi kepada kita. Ia keturunan Afro-Amerika yang terpilih menjadi presiden Amerika Serikat."