Hujan lebat guyur Kota Palu

id Hujan

Hujan lebat  guyur Kota Palu

Hujan di Kota Palu mengakibatkan sejumlah ruas jalan tergenang banjir. (Dok ANTARA/Mohamad Hamzah)

Palu (ANTARA) - Hujan lebat mengguyur wilayah Kota Palu dan sekitarnya pada Rabu (22/4) sore yang mengakibatkan beberapa ruas jalan dan permukiman warga terendam banjir yang berasal dari luapan air drainase.

Selain banjir, juga banyak sampah berserakan di jalan dan halaman rumah warga yang berada di tempat rendah seperti di Kelurahan Tatura Selatan, Birobuli Selatan, dan Lolu Utara.

Wilayah permukiman warga tersebut sering dilanda banjir sebab kebanyakan saluran tersumbat sampah dan lokasinya memang rendah. Setiap kali hujan deras mengguyur Kota Palu, pasti wilayah-wilayah itu terendam banjir.

Hujan lebat iuga mengguyur sebagian wilayah Sigi seperti Kecamatan Dolo, Marawola, Sigibiromaru dan Gumbasa yang mengakibatkan debit air Sungai Gumbasa yang bermuara di Teluk Palu meningkat dan keruh.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, sejumlah wilayah di Tanah Air, termasuk Sulteng, berpeluang besar diguyur hujan dan angin kencang beberapa hari ke depan sehinggah perlu mendapat perhatian masyarakat yang bermukim di perbukitan dan daerah aliran sungai (das) karena sewaktu-waktu terjadi banjir dan tanah longsor.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulteng Bartholomeus Tandigala mengatakan hampir seluruh wilayah Sulteng rawan banjir dan longsor karena banyak sungai dan struktur tanah labil,. Karena itu warga hendaknya waspada saat musim hujan.