MU Singkirkan Olympiakos 3-0

id persie

MU Singkirkan Olympiakos 3-0

Robin van Persie (REUTERS)

Jakarta (antarasulteng.com) - Tiga gol Robin van Persie meloloskan Manchester United ke perempatfinal Liga Champions usai menyingkirkan Olympiakos 3-0 (agregat 3-2) di Old Trafford, Kamis dini hari, padahal pada leg kedua MU tertinggal 0-2.

Manchester United yang akhir pekan lalu ditelan Liverpool 0-3 di kompetisi domestik bangkit berusaha kenangan buruk itu dengan langsung bermain menyerang sejak menit awal melalui kombinasi serangan sayap yang dikomandoi Antonio Valencia dan Danny Welbeck.

Serangan bertubi-tubi Setan Merah membuat dua pemain Olympiakos, Konstantinos Manolas dan Alejandro Dominguez, harus diganjar kartu kuning padahal laga baru berjalan 10 menit.

Agresifitas serangan anak asuh Moyes akhirnya berbuah penalti pada menit ke-23 ketika Jose Holebas melanggar Van Persie di kotak terlarang. Van Persie yang maju sebagai algojo tidak membuang peluang ini untuk membawa United unggul 1-0.

Menit ke-34 Patrice Evra nyaris menggandakan skor andai bola yang disundulnya tidak ditepis cemerlang oleh penjaga gawang Olympiakos, Roberto.

Olympiakos bukan tanpa peluang, pada menit ke-40 dan 41 David Fuster dan N'Dinga bergantian melepaskan tembakan, namun David De Gea tampil cemerlang.

Van Persie mencetak gol keduanya pada menit tambahan babak pertama memanfaatkan umpan pendek Rooney. Skor 2-0 bertahan hingga jeda.

Tujuh menit laga babak kedua berjalan, Van Persie menciptakan trigol dari tendangan bebas akibat pelanggaran terhadap Welbeck.

Olympiakos juga memiliki beberapa peluang di menit ke-62 dan 66 melalui tendangan Domínguez dan David Fuster namun melenceng dari target.

Menit 79 Olympiakos menciptakan dua peluang emas melalui Domínguez dan Campbell namun masih bisa dibendung De Gea.

Sepuluh menit menjelang laga berakhir Olympiakos tampak mendominasi pertandingan, sayang peluang yang tercipta tidak berbuah gol.

Namun tiga gol Van Persie harus dibayar mahal karena pada menit ke-89 penyerang Belanda tersebut harus ditandu keluar lapangan akibat cedera dan digantikan oleh Fellaini. Hingga peluit panjang dibunyikan skor 3-0 tidak berubah.

Livescore mencatat kedua tim nyaris imbang dalam penguasaan bola 49 berbanding 51 persen dengan sama-sama melesakkan empat tendangan on target.

Kemenganan 3-0 ini memastikan langkah United ke perempatfinal dengan kemenangan agregat 3-2.

Harapan Olympiacos lolos ke perempatfinal untuk pertama kalinya sejak 1999 hancur lebur, padahal mereka nyaris melakukannya andai David De Gea tidak menciptakan dua penyelamatan gemilang menggagalkan upaya David Fuster dan Alejandro Dominguez.

Sebaliknya, selain Robin van Persie, pemain veteran Ryan Giggs  tampil merancang dua gol terakhir van Persie.

Skor akhir:
Manchester United 3-0 Olympiakos
(Robin Van Persie 25, 45+1, 52')

Manchester United (4-2-3-1) :  De Gea (PG); Rafael, Evra, Jones, Ferdinand; Giggs, Carrick; Valencia (Young 77'), Rooney, Welbeck (Fletcher 82'); Van Persie (Fellaini 89)

Olympiakos (4-2-3-1): Roberto (PG); Maniatis, Holebas, Manolas, Marcano; Leandro Salino (Machado 74), N'Dinga; Peréz (Valdez 57'), David Fuster (Vergos 82), Campbell; Domínguez