Pematung Ade Kusuma "turun gunung"

id Pematung,Pameran

Pematung Ade Kusuma "turun gunung"

Istimewa

Mataram (ANTARA) - Nama pematung, Ade Kusuma, di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, sudah tak asing melalui ayunan palunya memahat lekuk demi lekuk keindahan bentuk pada media kayu.

Kini, setelah 30 tahun meninggalkan hiruk pikuk kekaryaan dalam seni rupa, dirinya tampil kembali melalui pameran tunggal-nya yang berjudul "PAMULUNGAN" mulai 15 sampai tanggal 21 Juli 2020 di Galeri Gudang ERKAEM yang dikenal sebagai "markas" gerakan Diam-Diam Seni Rupa (DDSR), Lombok Barat.

Dirinya selain pengalaman mendesain perhiasan perak digelutinya semasa kejayaan pariwisata di Senggigi, masa lalu nya dipenuhi juga dengan pengalaman estetika berkeseniannya di Eropa meninggalkan beberapa karya seni di Negeri Jerman.

Sebagai pemuda kelahiran Bandung tahun 60-an dan berambut panjang terurai yang semasa kecilnya pernah merasakan sejuknya tinggal di kawasan kebun teh Gunung Malabar di selatan Kota Bandung serta kemudian berpindah-pindah ke berbagai tempat di Jawa Barat.

Membuat Kang Ade yang beristrikan Inge, asal Jerman ini memiliki banyak mimpi yang akhirnya terwujud menemukan ruang-ruang berimajinasi menghasilkan banyak karya patung kayu kontemporernya di kawasan Batulayar Lombok Barat.

Kang Ade kali ini akan memamerkan sekitar 10 karya pahatan kayu. Salah satunya yang berjudul "Sanes Sapatu Kang Ajan". Dia pernah menyatakan rencananya untuk membuat karya Instalasi di lain waktu.

Untuk lebih mengenal sosok dan kekaryaannya, silakan singgah di Galeri Gudang ERKAEM sambil diselingi menikmati kopi serta gurihnya Baso Cuanki Bandung-nya kang Wawan, sang Bassist di Rumah Kucing Montong.

Berlokasi di BTN Montong Kedaton Blok D Nomor 9, Desa Meninting, Batulayar, Lombok Barat.