Pembanguan MAN Cendikia Palu didanai melalui SBSN

id Kemenag sulteng, Rusman Langke, MAN IC, SBSN

Pembanguan MAN Cendikia Palu didanai melalui SBSN

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulteng, Rusman Langke meletakkan batu pertama tanda dimulainya pembangunan MAN Insan Cendikia Palu, Kamais (17/9/2020). ANTARA/HO/Kemenag Sulteng

Palu (ANTARA) -
Pembangunan gedung Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Kota Palu, Sulawesi Tengah  didanai melalui Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) tahun 2020.


 


"Pembangunan sarana penunjang dalam rangka mendorong peningkatan kualitas siswa-siswi, tenaga pendidik dan kependidikan," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Tengah Rusman Langke saat peluncuran pembangunan sekolah tersebut di Palu, Kamis.


 


Pembangunan MAN Insan Cendikia itu ditandai dengan peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pekerjaan konstruksi awal.


 


Rusman menjelaskan keunggulan dari siswa-siswi madrasah adalah selain mempelajari ilmu pengetahuan, sains dan teknologi, juga mempelajari nilai-nilai agama yang akhlakul karimah.


 


"Jarang terdengar siswa madrasah terlibat tawuran, narkoba, minuman keras karena mereka dididik dengan akhlakul yang baik, berkarakter yang baik, sopan dan santun," jelasnya.


 


Oleh karena itu, model pembelajaran madrasah harus dipertahankan, sekaligus menjadi amanah membentuk karakter generasi ke depan.


 


Rusman menambahkan, pada tahapan pembangunan perlu memperhatikan kualitas konstruksi yang tidak lain yakni tahan gempa, mengingat Kota Palu merupakan daerah rawan gempa.


 


Sejauh ini, katanya, Kemenag selalu memperhatikan sarana dan prasarana infrastruktur yang dibangun. Jika dilihat dari segi pembangunan, perkembangan MAN Insan Cendikia sangat pesat.


 


"Di sisi lain, ada hal yang membanggakan yakni prestasi akademik dan non akademik, dan para siswanya bisa bersaing masuk di perguruan tinggi ternama di Tanah Air," ucap Rusman.


 


Kepala MAN Insan Cendikia Kota Palu Soim Anwar mengatakan pembangunan beberapa gedung MAN Cendekia itu disesuaikan kebutuhan dalam meningkatkan kualitas tenaga pendidik, kependidikan dan prestasi siswa.


 


"Gedung tersebut terdiri dari asrama terpadu, pusat layanan keagamaan terpadu dan mess guru untuk mengakomodasi tenaga pengajar dan murid," ujar Soim.