Olympique Lyon lengkapi peserta perempat final Piala Prancis

id piala prancis,lyon,red star,julian pollersbeck

Olympique  Lyon lengkapi peserta perempat final Piala Prancis

Kiper Olympique Lyon Julian Pollersbeck (kiri) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai memenangi adu penalti melawan tim strata ketiga Red Star dalam babak 16 besar Piala Prancis di Stadion Bauer, Saint-Ouen-sur-Seine, Prancis, Kamis (8/4/2021) waktu setempat. (ANTARA/AFP/Franck Fife)

Jakarta (ANTARA) - Olympique Lyon melengkapi daftar peserta babak perempat final Piala Prancis selepas bersusah payah melewati tim kasta ketiga Red Star lewat adu penalti dalam 16 besar.

Bertandang ke Stadion Bauer, di utara Paris, pada Kamis waktu setempat (Jumat WIB), Lyon dipaksa melakoni adu penalti setelah ditahan imbang tim kasta ketiga itu dengan skor 2-2, demikian catatan laman resmi FFF.

Lyon yang tampil dominan sejak awal laga membuka keunggulan mereka pada menit ke-28 saat Lucas Paqueta menyelesaikan umpan Thiago Mendes dengan sepakan kaki kiri dari tengah kotak penalti.

Keunggulan itu digandakan oleh Lyon tepat di pengujung babak pertama saat Paqueta berganti peran jadi pengirim assist yang dikonversi Memphis Depay dari jarak dekat.

Lyon berusaha memperlebar keunggulan mereka tetapi tembakan Rayan Cherki bisa diamankan kiper Raphael Adiceam dan peluang Depay belum mampu melewati barisan pertahanan tuan rumah.

Alih-alih Red Star justru mampu memperkecil ketertinggalan mereka pada menit ke-61 saat umpan Jimmy Roye diselesaikan dengan sempurna oleh Pape Ba.

Gol itu seolah melecut kebangkitan tuan rumah dan pada menit ke-74 Roye mengkonversi tendangan bebas dengan sempurna melewati pagar hidup dan menaklukkan kiper Julian Pollersbeck demi melesakkan bola ke pojok kanan atas gawang serta membuat kedudukan imbang 2-2.

Lyon berjibaku untuk meraih gol pengunci kemenangan mereka tetapi tak kurang dari tujuh percobaan tembakan yang mereka lepaskan tak kunjung membuahkan hasil termasuk sepakan jarak dekat Paqueta yang bisa dimentahkan oleh Adiceam.

Skor 2-2 bertahan hingga bubaran waktu normal, membuat pemenang segera ditentukan lewat adu penalti dan Lyon mendapat keunggulan ketika algojo keempat Red Star Diego Michel mendapati eksekusi penaltinya dimentahkan oleh Pollersbeck.

Dua penendang terakhir Lyon Jason Denayer dan Karl Toko Ekambi sukses melakoni tugasnya untuk mengunci langkah tim besutan Rudi Garcia ke babak perempat final.

Lyon menyusul langkah Toulouse, AS Monaco, Montpellier, Angers, Rumilly Vallieres, Canet Roussillon dan juara bertahan Paris Saint-Germain yang sudah lebih dulu lolos ke perempat final.