Toyota Alphard Laris Di Pekanbaru

id Toyota

Toyota Alphard Laris Di Pekanbaru

Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Johnny Darmawan berpose di depan mobil Toyota New Alphard yang diluncurkan di Jakarta, Januari 2012. (ANTARA/Ferdi)

Mobil yang memiliki image kelas menengah ke atas ini awalnya dipasarkan dengan harga Rp1,1 miliar. Bagi yang ingin melakukan kredit harus menyetor uang muka sekitar Rp100 juta."
Pekanbaru - Mobil Toyota Alphard kini diminati konsumen kelas atas di Pekanbaru. Harganya yang mahal tidak menjadi halangan bagi kebanyakan keluarga kaya di Ibu Kota Provinsi Riau ini untuk memiliki mobil berkelas tersebut.

Manajer Regional Indonesia Bagian Barat PT Agung Automall (AAM) Andik Witjaksono mengatakan, Minggu, tingkat penjualan yang paling bagus untuk produk yang diluncurkan sejak 2008 tersebut biasanya di empat kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan Medan.

"Namun saat ini Pekanbaru juga sudah masuk salah satunya, bahkan mungkin telah melampaui daerah-daerah atau kota terbesar di Sumatra," kata Andik.

Andik mengulas sejarah kehadiran Toyota Alphard di Tanah Air sebelum ditampilkan lewat event Indonesia International Motor Show (IIMS) tahun 2008 melalui PT Toyota Astra Motor (PT TAM) di Jakarta.

Ketika itu, TAM memperkenalkan salah satu primadonanya Toyota Alphard bermesin 3.500 cc, MPV (multi purpose vehicle) ini menawarkan beberapa keistimewaan.

Alphard 3.5L beredar di Tanah Air karena sesuai EPA (perjanjian Indonesia-Jepang)  biaya impor 15 persen dibebaskan untuk mobil berkapasitas di atas 3.500 cc.

Penjualan mobil kelas premium ini di Indonesia ditangani oleh importir umum, bukan dealer resmi PT TAM saja.

Mengenai target penjualan Alphard, pada awal peluncurannya tahun 2008 itu, hanya sekitar 30 unit. Tapi kini telah laku ratusan unit tiap tahun, kata Andik.

Mobil yang memiliki image kelas menengah ke atas ini awalnya dipasarkan dengan harga Rp1,1 miliar. Bagi yang ingin melakukan kredit harus menyetor uang muka sekitar Rp100 juta.

Kelebihan Alphard, menurut dia, yakni memberikan kenyamanan berkendara seperti tempat duduk "first class" yang luas untuk tujuh orang, fasilitas DVD," AC plasmacluster", serta "ECO driving indicator" yang ramah lingkungan.

Sementara dari segi keamanan, Alphard dilengkapi dengan "SRS airbag system", "HID" (lampu depan), "AFS" (lampu saat mobil berbelok) dan "rear camera"

Keunggulan lain, mesin baru berkapasitas 2.4L dan 3.0L dengan pemakaian bensin lebih irit tujuh persen, meski bodinya besar. Selain itu, jaminan purna jual untuk Alphard, menjadi kelebihan produk ini dibanding yang ditawarkan kompetitor lain. (Ant)