Disnaker Sulteng kurangi pengangguran lewat bursa kerja virtual 2021

id Sulteng,Sandi,Palu,Ppkm,Job fair,Koni,Pon

Disnaker Sulteng  kurangi pengangguran lewat bursa kerja virtual 2021

Kepala Bidang Pembinaan Pelatihan Perluasan Penempatan dan Produktivitas Tenaga Kerja (P5TK) Disnakertrans Sulteng Firdaus Abdul Karim. ANTARA/Muhammad Arsyandi

Palu (ANTARA) - Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mengupayakan pengurangan angka pengangguran di daerah itu melalui bursa kerja secara virtual pada 2021.



"Ini seperti harapan Gubernur Sulteng yang ingin mengentaskan kemiskinan di seluruh daerah, salah satu caranya dengan memberikan kesempatan kerja kepada warga, utamanya yang masih usia kerja yang hingga kini masih menganggur," kata Kepala Bidang Pembinaan Pelatihan Perluasan Penempatan dan Produktivitas Tenaga Kerja (P5TK) Disnakertrans Sulteng Firdaus Abdul Karim di Kota Palu, Senin.



Apalagi, katanya, jumlah pengangguran di Sulteng masih lumayan cukup tinggi, berada di urutan tiga terbawah provinsi di Indonesia yang memiliki jumlah pengangguran paling banyak.



Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Sulteng pada 2020 pada angka 3,77 persen atau 58,73 ribu orang yang berada pada usia kerja masih menganggur.



"Kita menargetkan dapat menyerap 1.200 tenaga kerja melalu 'job fair' (bursa kerja) virtual yang diadakan pada 21 sampai 23 September 2021. Sampai saat ini ada sekitar 1.200 lowongan pada 32 jabatan yang dibuka oleh delapan perusahaan yang mengikuti 'job fair' virtual ini. Sampai saat ini perusahaan yang mendaftar untuk ikut 'job fair' virtual akan terus bertambah,"ujarnya.



Firdaus menjelaskan masyarakat, utamanya pencari kerja, dapat mengikuti bursa kerja tersebut dengan mengakses laman Kementerian Ketenagakerjaan RI yaitu www.kemnaker.go.id agar bisa mengikuti bursa kerja yang diadakan Disnakertrans Sulteng.



Perusahaan-perusahaan yang mengikuti bursa kerja dan membuka lowongan pekerjaan itu bergerak di berbagai sektor dan berada di Sulteng.



"Setelah masuk ke laman tersebut, pencari kerja akan diarahkan untuk bisa mengikuti 'job fair' virtual yang kami adakan," ucapnya.



Ia mengatakan bagi perusahaan-perusahaan atau pemberi kerja di Sulteng yang ingin mendaftar dan menyertakan lowongan pekerjaan yang tersedia di perusahaannya melalui bursa kerja virtual itu dapat mengakses laman www.kemneker.go.id.



Mereka kemudian mengisi terlebih dahulu dokumen Wajib Lapor Ketenagakerjaan Perusahaan (WLKP) untuk memastikan perusahaan yang mendaftar mengikuti bursa kerja tersebut memiliki izin operasional dan dokumen legalitas lainnya dari pemerintah daerah dan pusat.



"'Job fair' virtual ini kami adakan karena pandemi COVID-19 dan untuk mencegah terjadinya kerumunan yang berpotensi menjadi klaster penularan dan penyebaran COVID-19 jika 'job fair' diadakan 'offline' (luring)," ucapnya.



Pengantar Kerja Bidang P5TK Disnakertrans Sulteng selaku penanggung jawab bursa kerja virtual 2021 Disnakertrans Sulteng, Darmawati, menyatakan lowongan kerja yang dibuka dalam bursa itu akan terus berlaku meskipun kegiatan berakhir.



"'Job fair' virtualnya dari tanggal 21 sampai 23 September. Tapi lowongan kerjanya tetap buka meskipun 'job fair' virtualnya sudah berakhir. Lowongan kerjanya ditutup jika semua posisi telah terisi. Nanti pihak perusahaan atau pemberi kerja akan mengumumkan jika sudah tutup," katanya.

Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021