UIN Palu-IAKN Toraja kerja sama penguatan moderasi beragama

id UIN Palu,UIN Datokarama,Prof Sagaf,Moderasi beragama,IAKN Toraja

UIN Palu-IAKN Toraja  kerja sama penguatan moderasi beragama

Rektor UIN Datokarama Sagaf S. Pettalongi (kanan) memberikan cenderamata kepada Rektor IAKN Toraja Joni Tapingku di Palu, Jumat (3/12/2021). (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, bekerja sama dengan Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja, Sulawesi Selatan untuk penguatan moderasi beragama, dalam rangka memperkuat pembangunan kerukunan umat beragama di dua provinsi tersebut.

"Iya, kerja sama ini akan melibatkan para akademisi dua perguruan tinggi negeri, yaitu UIN Palu dan IAKN untuk melakukan riset-riset terkait penguatan moderasi beragama," ucap Rektor UIN Datokarama Palu Sagaf S. Pettalongi di Palu, Jumat.

Kerja sama dua perguruan tinggi keagamaan negeri itu, berawal dari kunjungan Rektor IAKN Toraja Joni Tapingku beserta jajarannya ke UIN Datokarama.

Kunjungan Rektor Joni Tapingku disambut langsung Rektor UIN Datokarama Sagaf S. Pettalongi didampingi Wakil Rektor Bidang Perencanaan Kamaruddin dan Kepala Biro AUAPK UIN Palu Suleman.

UIN Datokarama lewat kepemimpinan Rektor Sagaf mengusung visi mengembangkan kajian Islam moderat yang berbasis pada integrasi ilmu, spiritualitas, dan kearifan lokal.

Pengembangan kajian Islam moderat dilakukan dengan pengembangan keilmuan, yang berangkat dari hasil-hasil riset para akademisi UIN Palu.
 
Bahkan, Sagaf mendorong terbentuknya rumah moderasi beragama sebagai salah satu unit pelaksana teknis yang berperan mendukung pengembangan kajian Islam moderat.

"Karena itu, UIN Datokarama Palu sangat terbuka untuk bekerja sama dengan seluruh pihak, dalam pengembangan moderasi beragama," ujar Sagaf yang juga Wakil Ketua Umum MUI Provinsi Sulteng itu.

Kerja sama UIN Palu dengan IAKN Toraja juga meliputi penelitian dan pengembangan kearifan lokal yang dianut oleh masyarakat di wilayah Sulteng dan di Sulsel.

Selain itu, mengakomodasi tentang kerja riset akademik untuk peningkatan kualitas penelitian yang berdampak pada peningkatan publikasi jurnal ilmiah.

Joni Tapingku mengemukakan kerja sama itu sebagai bentuk tindak lanjut dari implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk pengembangan khasanah keilmuan.

"Kami berterima kasih kepada UIN Datokarama Palu yang telah menyambut baik hal ini, semoga dapat memberikan manfaat besar bagi IAKN Toraja, UIN Palu dan pemerintah serta masyarakat di Sulteng dan Sulsel," katanya.

Ia menambahkan kerja sama dua perguruan tinggi ini, juga akan menambah referensi peningkatan kualitas akademik yang nantinya menjadi rujukan pembelajaran kepada mahasiswa.
Pertemuan pihak UIN Datokarama Palu dengan pihak Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Toraja, berlangsung di Rektorat UIN Palu, Jumat. (ANTARA/Muhammad Hajiji)