Leipzig lumat sepuluh pemain Mainz 4-1

id liga jerman,rb leipzig,mainz,christopher nkunku,andre silva,dominik szoboszlai,lee jae sung

Leipzig lumat sepuluh pemain Mainz 4-1

Penyerang RB Leipzig Christopher Nkunku merayakan golnya ke gawang FSV Mainz dalam laga lanjutan Liga Jerman di Stadion Red Bull Arena, Leipzig, Jerman, Sabtu (8/1/2022). (ANTARA/REUTERS/IMAGO/Sven Sonntag)

Jakarta (ANTARA) - RB Leipzig kembali ke jalur kemenangan setelah melumat FSV Mainz 4-1 setelah tamunya itu harus menuntaskan pertandingan dengan sepuluh pemain dalam pertandingan Liga Jerman di Stadion Red Bull Arena, Sabtu.

Hasil ini membuat Leipzig yang membuka 2022 dengan kemenangan setelah kalah pada laga terakhir 2021.

Leipzig naik ke posisi kedelapan klasemen dengan koleksi 25 poin, termasuk menyalip Mainz yang kini turun pada urutan ke-10 dengan 24 poin, demikian laman Liga Jerman.

Mainz sudah kehilangan satu pemain sejak menit ke-19 setelah bek Alexander Hack diganjar kartu merah karena sengaja menghalau bola tembakan Andre Silva di dalam area terlarang.

Pelanggaran itu berbuah hadiah tendangan penalti yang sukses dikonversi oleh Silva yang membuat Leipzig memimpin pada menit ke-21.

Meski memiliki keuntungan jumlah pemain, Leipzig tak mampu menambah keunggulan hingga turun minum dan Domenico Tedesco memutuskan menarik keluar Yussuf Poulsen guna digantikan Christopher Nkunku pada awal babak kedua.



Keputusan itu menjadi langkah strategis yang mujarab karena Nkunku menutup laga dengan catatan dua assist dan satu gol untuk Leipzig.

Dua menit memasuki babak kedua, Nkunku menyajikan assist yang diselesaikan Dominik Szoboszlai menjadi gol pengganda keunggulan Leipzig. VAR sempat melakukan tinjauan sebelum Deniz Aytekin mengesahkan gol ini.

Mainz sempat mencetak gol balasan pada menit ke-57 melalui sepakan kaki kiri Lee Jae-sung yang memanfaatkan umpan Karim Onosiwo, tetapi Nkunku segera merestorasi keunggulan dua gol tuan rumah semenit kemudian.

Silva mencetak gol keduanya setelah mengakhiri umpan Nkunku pada menit ke-61 untuk memperlebar marjin keunggulan Leipzig menjadi 4-1.

Leipzig terus menekan dan mendominasi permainan, tapi beberapa peluang mereka termasuk dua tembakan Nkunku bisa diamankan kiper Robin Zentnar.

Selanjutnya pada Sabtu pekan depan, Leipzig akan bertandang ke markas VfB Stuttgart sedangkan Mainz menjamu tim promosi VfL Bochum di MEWA Arena.