Universitas Teuku Umar Aceh raih penghargaan dari Kemendikbudristek

id Berita Aceh Terkini,Berita Aceh,Berita Aceh Terbaru

Universitas Teuku Umar Aceh  raih penghargaan dari Kemendikbudristek

Rektor Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Prof Jasman J Ma’ruf (kanan) memperlihatkan sejumlah plakat seusai menerima Anugerah Diktiristek 2021 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Kemdikbudristek di Jakarta, Senin (17/1/2022). (ANTARA/HO-Dok. Humas Universitas Teuku Umar Meulaboh)

Meulaboh (ANTARA) - Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh Kabupaten Aceh Barat berhasil meraih peringkat terbaik pertama sebagai perguruan tinggi negeri (PTN), bidang Pengelolaan Data Kerjasama di ajang Anugerah Diktiristek 2021 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Kemdikbud Ristek.

“Saya sangat mengapresiasi kinerja seluruh civitas akademika UTU, khususnya bidang kerjasama dan tim media UTU atas prestasinya sebagai juara 1 untuk kategori pengelolaan data kerjasama,” kata Rektor Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Prof Jasman J Ma’ruf dalam keterangan tertulis diterima ANTARA di Meulaboh, Senin.

Selain berhasil meraih terbaik pertama bidang kerjasama, UTU juga berhasil menyabet dua gelar juara lainnya yaitu juara harapan untuk kategori pengelolaan majalah dan juara Harapan 2 untuk kategori Pengelolaan Unit Layanan Terpadu (ULT).

Menurutnya, keberhasilan Universitas Teuku Umar meraih peringkat terbaik dalam bidang kerjsama selaras dengan semangat Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), khususnya Indikator Kinerja Utama (IKU) enam yaitu berjalannya program studi yang bekerjasama dan kolaborasi dengan mitra.

Prof Jasman J Ma’ruf juga mengaku pihaknya patut berbangga atas pencapaian bidang kerjasama ini, karena indikator kinerja utama merupakan ukuran kinerja bagi perguruan tinggi yang adaptif, dengan berbasis luaran lebih konkret.

Hal tersebut menjadi alat ukur untuk mengakselerasi implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM).

“Capaian tersebut sekaligus membuktikan bahwa Universitas Teuku Umar berada di track yang benar dalam upaya mewujudkan visi sebagai kampus sumber inspirasi dan referensi," katanya menambahkan.

Selama ini, kata dia, Universitas Teuku Umar juga gencar melakukan kerjasama dengan berbagai perusahaan dan industri maupun badan pemerintahan.

Di lain sisi, perguruan tinggi negeri ini juga terus bergerak dalam mengantarkan para dosen dan mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman di luar kampus.

Ia juga mengatakan anugerah ini merupakan apresiasi Ditjen Diktiristek kepada pemangku kebijakan yang berasal dari perguruan tinggi, mitra (kementerian, lembaga, serta dunia usaha dan industri), jurnalis, maupun media yang telah berpartisipasi secara aktif dan meraih pencapaian tertinggi, dalam mendukung implementasi kebijakan merdeka belajar kampus merdeka dan indikator kinerja utama perguruan tinggi, tuturnya.
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2022