DMI Palu gencarkan program subuh berkah untuk pembinaan umat

id Siradjuddin Ramli,DMI,DMI Palu,Subuh Berkah,Moderasi Beragama

DMI Palu  gencarkan program subuh berkah untuk pembinaan umat

Ketua Umum PW DMI Provinsi Sulteng Ahmad M Ali menyerahkan petaka bendera DMI kepada Ketua DMI Kota Palu Sirajuddin Ramli, pada pelantikan pengurus PD DMI Kota Palu periode 2022 - 2027, di Palu, Senin (30/5/2022).  (FOTO ANTARA/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Pimpinan Daerah (PD) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Palu, Sulawesi Tengah, menggencarkan Program Subuh Berkah sebagai bentuk optimalisasi dakwah Islam dan pembinaan umat di Ibu Kota provinsi itu.

"Subuh Berkah menjadi program unggulan dan prioritas DMI Kota Palu dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman pengurus DMI dan masyarakat tentang keagamaan," kata Ketua PD DMI Kota Palu Siradjuddin Ramli, di Palu, Selasa.

Ia mengemukakan Program Subuh Berkah yang dilaksanakan oleh DMI Palu, menjadi satu inovasi pengurus dalam rangka mewujudkan visi besar DMI yakni memakmurkan dan dimakmurkan masjid.

Saat ini, kata dia, Program Subuh Berkah telah dilaksanakan di beberapa masjid di Kota Palu.

"Subuh Berkah sudah kami mulai. Program ini berlangsung sepekan sekali, setiap hari Sabtu," katanya.

Siradjuddin Ramli yang merupakan Mantan Kapolres Parigi Moutong menjelaskan Subuh Berkah tidak hanya semata - mata ibadah shalat, tidak juga hanya sekadar mengajak umat Islam untuk melaksanakan shalat subuh.

"Melainkan, dalam Program Subuh Berkah di dalamnya terdapat muatan tarbiyah (pendidikan). Di mana, kegiatan Subuh Berkah dibarengi dengan kajian - kajian tentang keislaman dan keagamaan, serta mengenai moderasi beragama," katanya.

Bahkan, Subuh Berkah juga dibarengi dengan pendidikan tentang Al Quran lewat pengajaran metode sekejap paham Al Quran.

"DMI melibatkan akademisi Rizal Hamzah Lc untuk mengajarkan metode sekejap dapat memahami Al Quran," katanya.

Sementara untuk dakwah dan pendidikan keislaman dan keagamaan DMI melibatkan akademis Munif Godal," katanya.

Menurut dia pelaksanaan Program Subuh Berkah tidak hanya terfokus pada satu masjid dan satu wilayah semata, melainkan dilaksanakan di setiap kelurahan dan kecamatan se-Kota Palu.

DMI Palu menggandeng MUI Palu, Kemenag Kota Palu dan Bank Syariah Indonesia Cabang Palu untuk mengoptimalkan program tersebut, demikian Siradjuddin Ramli.


 
Ketua PD DMI Kota Palu Siradjuddin Ramli (FOTO ANTARA/Muhammad Hajiji)


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Program Subuh Berkah digencarkan di Palu untuk pembinaan umat