Pemkab Morowali Utara segera dirikan Perseroda

id Sulteng,sandi,palu,morut

Pemkab Morowali Utara segera dirikan Perseroda

Wakil Bupati Morut H Djira. ANTARA/HO-Media Center Pemkab Morut

Morowali Utara (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Morowali Utara (Morut) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) segera mendirikan perusahaan perseroan daerah (Perseroda) untuk menangani bidang usaha di daerah itu.

Wakil Bupati Morut H Djira di Kolonodale, Selasa, mengemukakan pembentukan Perseroda mendesak dilakukan dalam upaya mengakselerasi pertumbuhan ekonomi daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Ia menjelaskan tiga bidang usaha yang menjadi prioritas untuk ditangani oleh Perseroda nanti, antara lain jasa kepelabuhanan, pemenuhan kebutuhan usaha pertambangan.

"Pertambahan menjadi salah satu sektor yang diandalkan Pemkab Morut mengingat daerah ini kaya akan hasil tambang yang kini telah menarik banyak investor untuk berinvestasi di sini," ujarnya.

Selain itu, kata Djira, Perseroda juga diarahkan pada pengembangan jenis komoditas unggulan atau Pajeko yang saat ini sudah diterapkan pada komoditas jagung sebagai salah satu upaya penanganan kekerdilan atau   stunting dan meningkatkan kesejagatan masyarakat.


“Saya berharap Perseroda ini bisa segera terbentuk untuk kepentingan pembangunan ekonomi daerah yang lebih cepat guna mewujudkan Morut yang sehat, cerdas dan sejahtera,” kata dia.

Ia mengatakan Pemkab Morut menggandeng tim ahli dari Universitas Tadulako untuk membahas pembentukan Perseroda Morut tersebut.

"Perseroda yang didirikan nantinya dapat berfungsi sebagaimana mestinya dan utamanya diisi oleh orang-orang yang berkompeten," ujar Djira.
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2022