BNI Asset Management serahkan wakaf Rp775,21 juta untuk Dompet Dhuafa

id BNI Asset Managemen,Dompet Dhuafa,Wakaf,Reksa Dana

BNI Asset Management serahkan wakaf Rp775,21 juta untuk Dompet Dhuafa

(Kiri ke kanan) – Seketaris Pengurus Dompet Dhuafa Republika Yayat Supriatna, Ketua Pengurus Yayasan Dompet Dhuafa Republika Rahmat Riyadi, serta Direktur Utama BNI Asset Management Putut Endro Andanawarih dalam acara Penyerahan Wakaf BNI-AM kepada Dompet Dhuafa di Jakarta, Jumat (14/04/2023). (ANTARA/HO-BNI Asset Management)

Jakarta (ANTARA) - BNI Asset Management (BNI-AM) serahkan wakaf Rp775,21 juta untuk Yayasan Dompet Dhuafa sebagai sharing fee dari reksa dana pendapatan tetap syariah BNI-AM Dana Dompet Dhuafa yang diluncurkan sejak Juni 2016.

Wakaf yang mewakili para investor ini diserahkan secara simbolik oleh Direktur Utama BNI-AM Putut Endro Andanawarih kepada General Manager Layanan Donatur dan Retail Wakaf Dompet Dhuafa, Bobby Manullang di Philanthropy Building, Jakarta.

"Dana wakaf yang berjumlah setengah miliar lebih tersebut merupakan sharing fee dari produk reksa dana pendapatan tetap syariah BNI-AM Dana Dompet Dhuafa," ungkap Putut dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis.

Sejauh ini, ia menuturkan BNI-AM telah dipercaya oleh investor untuk mengelola dana kelolaan atau Asset Under Management (AUM) dari reksa dana tersebut yang sempat menyentuh angka tertinggi Rp90,59 miliar di penghujung Januari 2023.

Total dana kelolaan reksa dana pendapatan tetap berbasis syariah tersebut melengkapi total AUM yang dimiliki oleh BNI-AM, yakni Rp31,01 triliun per 6 April 2023.

Produk reksa dana ini merupakan satu-satunya dana abadi yang bekerja sama dengan Yayasan Dompet Dhuafa dan bisa menjadi jalan keluar bagi investor yang ingin berinvestasi sekaligus berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan berbasis syariah (investasi sambil beramal).

Reksa dana open-end dengan klasifikasi risiko menengah tersebut termasuk ke dalam investasi yang diperuntukkan bagi segmen investor institusi dan ritel. Reksa Dana BNI-AM Dompet Dhuafa bisa dimiliki dengan minimum investasi cukup dengan nominal Rp10 ribu.

Putut menjelaskan produk reksa dana ini mempunyai kebijakan investasi minimal 80 persen pada efek pendapatan tetap, efek bersifat utang atau obligasi syariah, pasar uang bersifat syariah, serta termasuk di dalamnya instrumen kas dan atau setara kas.

Di era digitalisasi ini, reksa dana BNI-AM Dana Dompet Dhuafa juga dapat di beli melalui platform Bank BNI, BNI Sekuritas, Ajaib, dan Fundtastic dengan nominal isi ulang yang sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp10 ribu.

Selain BNI-AM Dana Dompet Dhuafa, BNI-AM juga memiliki produk dana abadi lain yang bekerja sama dengan institusi pendidikan yaitu reksa dana pendapatan tetap BNI-AM Makara Investasi (Universitas Indonesia), reksa dana pendapatan tetap ITB Harmoni BNI-AM (Institut Teknologi Bandung), dan reksa dana campuran BNI-AM UGM Progressive Balanced (Universitas Gajah Mada).