UIN Datokarama Palu meminta calon maba lulus SPAN segera registrasi

id UIN Palu,UIN Datokarama,Profesor Abidin Djafar,Penerimaan mahasisswa baru,Span umptkn

UIN Datokarama Palu meminta calon maba lulus SPAN segera registrasi

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga UIN Palu Profesor Abidin Djafar, di Palu, Jumat (5/52023). (FOTO ANTARA/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, meminta kepada calon mahasiswa baru (maba) yang lulus jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) agar segera melakukan registrasi kembali secara online maupun offline.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga UIN Palu, Prof Abidin Djafar saat dihubungi dari Palu, Jumat, mengemukakan SPAN merupakan salah satu jalur pendaftaran dalam proses penerimaan mahasiswa baru.

"Iya, terdapat tiga tahapan pendaftaran atau tiga jalur pendaftaran mahasiswa baru di perguruan tinggi Islam negeri di bawah naungan Kementerian Agama," katanya.

Ia mengatakan SPAN merupakan program nasional Kemenag dalam proses penerimaan mahasiswa baru. Pada jalur SPAN peminat UIN Palu mencapai angka 5.000 calon mahasiswa.

Dari angka tersebut, panitia pusat menyatakan yang lulus berjumlah kurang lebih 1.000 orang.

"Mereka yang lulus kami minta untuk segera melakukan registrasi kembali, melengkapi data - data administrasi," katanya.

Registrasi kembali, ujar dia, akan ditutup pada tanggal 15 Mei 2023 secara nasional.

Selain jalur SPAN, kata Abidin, masyarakat khususnya generasi muda yang ingin kuliah di UIN Palu dapat mendaftar melalui jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (UM-PTKN) yang saat ini sedang berlangsung pembukaan pendaftaran.

"SPAN sudah selesai, sekarang yang sedang berlangsung yaitu penerimaan mahasiswa baru jalur UMPTKN," katanya.

Ia mengimbau kepada masyarakat yang ingin kuliah di UIN Palu agar segera mendaftar secara online, karena kuota yang diberikan oleh Kementerian Agama pada jalur UMPTKN terbatas.

"UMPTKN juga menjadi salah satu program nasional dalam seleksi mahasiswa baru," katanya.

Selanjutnya, kata dia, jalur seleksi mandiri yang akan dilaksanakan setelah jalur UMPTKN ditutup.

"Proses pendaftaran mahasiswa baru pada UIN Palu akan ditutup pada bulan Agustus 2023. Masih ada waktu untuk generasi muda mendaftar," demikian Abidin Djafar .