Pemkab Banggai Kepulauan perkuat pengawasan orang asing

id Pemkab Bankep,Pengawasan orang asing,Sekda Bangkep,Rusli Moidady,Bangkep

Pemkab Banggai Kepulauan perkuat pengawasan orang asing

Sekretaris Daerah Kabupaten Banggai Kepulauan Rusli Moidady menghadiri rapat koordinasi pengawasan orang asing. (ANTARA/HO-Dinas Kominfo Bangkep)

Banggai Kepulauan, Sulteng (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan (Pemkab Bangkep), Sulawesi Tengah, memperkuat pengawasan orang asing yang masuk ke daerah itu, dengan memastikan keamanan, kenyamanan, legalitas, serta manfaat dari kehadiran orang asing.
 

"Pengawasan orang asing merupakan hal strategis dan perlu menjadi perhatian kita bersama," ucap Sekretaris Daerah Kabupaten Banggai Kepulauan, Rusli Moidady, di Bangkep, Jumat.

 

Pemkab Bangkep bersinergi dengan Kantor Imigrasi Kabupaten Banggai, TNI dan Polri dalam meningkatkan pengawasan terhadap orang asing.

 

Lewat sinergi ini, Pemkab Bangkep bersama pihak - pihak terkait tersebut membahas tentang optimalisasi pengawasan orang asing melalui rapat koordinasi yang berlangsung di Banggai Kepulauan.

 

Pengawasan terhadap orang asing perlu dilakukan seiring dengan adanya kebijakan pemerintah tentang bebas visa yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Bebas Visa kunjungan.

 

Kabupaten Banggai Kepualaun, merupakan salah satu daerah otonom yang berada di Timur Sulawesi Tengah. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Maluku Utara itu, memiliki potensi kekayaan alam melimpah dan objek wisata alam yang indah.

 

Oleh karena itu, pengawasan terhadap orang asing, ujar dia, penting dilakukan untuk memastikan kehadiran orang asing dalam rangka bekerja sebagai tenaga profesional, atau sebagai wisatawan, yang masuk ke daerah.
 

Koordinasi dan sinergitas mesti ditingkatkan guna menghasilkan fungsi pengawasan yang lebih cermat.

 

“Kita harus terus berkolaborasi bersama, kita harus bisa lebih cermat agar bisa mengantisipasinya dengan sebaik mungkin, kedaulatan negara ada dipundak kita semua,” ujarnya.