Tema "Citra" untuk FFI 2023 tegaskan prestise Piala Citra

id piala citra,ffi 2023,reza rahadian,festival film indonesia

Tema "Citra" untuk FFI 2023 tegaskan prestise Piala Citra

Ketua Komite Festival Film Indonesia (FFI) 2021—2023 Reza Rahadian (kedua kanan) dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (2/11/2023). ANTARA/Nabil Ihsan.

Jakarta (ANTARA) - Ketua Komite Festival Film Indonesia (FFI) 2021—2023 Reza Rahadian mengatakan bahwa pemilihan tema “Citra” untuk Malam Anugerah Piala Citra FFI 2023 pada 14 November nanti adalah untuk menegaskan Piala Citra sebagai penghargaan paling prestisius bagi insan perfilman Indonesia.

“Dengan ‘Citra’, ingin sekali kami mengedepankan Piala Citra itu sendiri sebagai salah satu lambang dari supremasi tertinggi perfilman di Indonesia. Sebenarnya sesederhana itu,” kata Reza dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis.

Kata “Citra” sudah melekat pada FFI dan sudah menjadi lebih dari sekadar nama penghargaan atau judul lagu wajib festival itu, karena kata tersebut merangkumi makna besar tentang apa itu gambar, bayangan, atau citra, kata dia.



Ia menegaskan bahwa peraih Piala Citra atau siapapun yang mendapatkan nominasi dalam penghargaan itu adalah sineas-sineas terbaik di Indonesia, dan gelaran FFI tahun ini hendak menyebarkan semangat tersebut kepada masyarakat.

"Kami ingin memberikan suguhan kepada insan perfilman dan masyarakat bahwa film dan para insan film yang masuk nominasi tahun ini juga menjadi bagian dari citra perfilman kita," ucapnya.

Reza berharap supaya generasi muda selalu mengetahui keberadaan festival tersebut dan terus berkontribusi untuk melahirkan karya-karya perfilman terbaik. Ia juga mengharapkan insan-insan film nasional terus diapresiasi masyarakat.

Ia juga berkata bahwa cita-cita Komite FFI 2021—2023 adalah untuk mengangkat prestise Piala Citra di Indonesia setara Academy Awards dengan Piala Oscarnya di Amerika Serikat.

Untuk mencapai tujuan itu, Reza berkata bahwa salah satu caranya adalah dengan memfokuskan materi kampanye dan promosi acara pada Piala Citra itu sendiri.

“Kami sangat ingin masyarakat terus mengenali bahwa inilah lambang tertinggi dari sinema dan perfilman Indonesia,” kata Reza yang juga telah memenangi Piala Citra FFI 2013 atas perannya di film Habibie dan Ainun kala itu.

Malam Anugerah Piala Citra FFI 2023 akan berlangsung pada 14 November di Ciputra Artpreneur Theater Jakarta pukul 19.00 WIB dan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube dan Instagram Festival Film Indonesia.