Faisal Gantikan Abdullah Batalipu Di DPRD Sulteng

id dprd

Faisal Gantikan Abdullah Batalipu Di DPRD Sulteng

Ilustrasi (ANTARASulteng/Istimewa)

Palu, (antarasulteng.com) - Faisal Lahaja akan menggantikan Abdullah Batalipu sebagai legislatif di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tengah melalui mekanisme pergantian antarwaktu (PAW).

"Rencana besok PAW (Pengganti Antarwaktu) Abdullah Batalipu dilantik jam 10 pagi," kata Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tengah Alimuddin Pa`ada di Palu, Selasa.

Abdullah Batalipu merupakan politisi Partai Golkar daerah pemilihan Tolitoli dan Buol. Abdullah akan diganti karena mengikuti pemilihan kepala daerah serentak tahap II 2017.

Dalam pilkada di Buol kali ini, Abdullah Batalipu berpasangan dengan petahana Amirudin Rauf.

Abdullah adalah anggota DPRD Provinsi Sulteng yang kelima mengikuti pilkada serentak setelah sebelumnya dua anggota DPRD dari Demokrat bertarung di Banggai dan Sigi, satu orang dari Hanura dan Nasdem bertarung di pilkada Kota Palu.

Faisal Lahaja dihubungi terpisah mengatakan pelantikan dirinya akan berlangsung Kamis (5/1) menggantikan Abdullah Batalipu. "Besok (Rabu, 4/1) baru gladi resik," katanya.

Sebelumnya sejumlah anggota DPRD provinsi juga telah diganti karena mengikuti pilkada serentak pada 2015. Mereka adalah Mustar Labolo dari Partai Demokrat, mencalonkan diri menjadi wakil bupati Banggai berpasangan dengan Herwin Yatim.

Mustar berhasil memenangkan pertarungan pilkada dan dirinya digantikan oleh Zulfakar Nasir dari daerah pemilihan Banggai, Banggai Laut dan Banggai Kepulauan.

Dua anggota DPRD lainnya yang diganti yakni Habsa Yanti Ponulele dari Partai Nasdem karena mengikuti pilkada serentak Kota Palu. Demikian halnya Hadiyanto Rasyid dari Partai Hanura juga diganti karena mengikuti pilkada serentak di Kota Palu.

Selain itu juga terdapat kader Demokrat Ajub Welliem Darawiah diganti karena mengikuti pilkada serentak di Sigi.

Ketiganya gagal memenangkan pertarungan pilkada di Palu dan Sigi.