Anies dan Muhaimin hadiri deklarasi dukungan Keluarga Besar HMI

id Anies Baswedan, Muhaimin Iskandar, AMIN, HMI, Pemilu, Pilpres

Anies dan Muhaimin hadiri deklarasi dukungan Keluarga Besar HMI

Foto bersama Anies dan Muhaimin dengan peserta deklarasi Keluarga Besar HMI di Jakarta, Rabu (27/12/2023). (ANTARA/Fauzi Lamboka)

Jakarta (ANTARA) - Calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar menghadiri deklarasi dukungan Keluarga Besar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di Jakarta, Rabu.

Anies tiba di lokasi deklarasi, lalu disusul Muhaimin yang datang beberapa menit kemudian. Keduanya disambut riuh oleh ratusan masa KB HMI, yang turut melantunkan shalawat.

"Sudah saatnya Presiden Indonesia dari Keluarga Besar HMI," kata Dewan Pakar Tim Nasional Anies-Muhaimin (AMIN) Fahrus Zaman Fadhly.

Deklarasi dukungan dihadiri Presidium Majelis Nasional KAHMI Saan Mustopa, Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid, Mantan penasehat KPK Abdullah Hehamahua. Deklarasi itu juga dilaksanakan secara daring, yang diikuti para peserta dari berbagai wilayah di Indonesia dan luar negeri.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.