Danlanud-Makassar: Oknum TNI AU tembak warga di Palu diproses hukum

id TNI AU, penegakan hukum, warga tertembak, kota palu, Sulteng, Danlanud Sultan Hasanuddin, Bonang Bayuaji

Danlanud-Makassar: Oknum TNI AU tembak warga di Palu diproses hukum

Danlanud Sultan Hasanuddin makassar Marsma TNI Bonang Bayuaji melakukan mediasi dengan pihak keluarga korban, tokoh adat dan pemerintah daerah setempat berlangsung di kawasan perumahan dinas TNI AU di Palu, Jumat (13/7/2024). ANTARA/Kristina Natalia

Palu (ANTARA) -
Komandan Lanud (Danlanud) Sultan Hasanuddin Makassar Marsma TNI Bonang Bayuaji mengatakan oknum TNI AU yang diduga menembak warga di Kota Palu, Sulawesi Tengah dipastikan akan diproses hukum sesuai prosedur yang berlaku.
 
"Kasus itu sudah kami tangani sesuai arahan pimpinan dan pelaku akan diproses sesuai dengan aturan yang berlaku," kata Bonang Bayuaji kepada kepada wartawan di Palu, Jumat.
 
Ia menjelaskan berdasarkan kronologi yang didapatkan, ada tiga orang yang masuk ke rumah dinas TNI-AU di Jalan Dewi Sartika, Kecamatan Palu Selatan, kemudian tertangkap oleh anggota TNI-AU pada Kamis (11/7) petang sekitar pukul 17.30 Wita.
 
Salah satu prajurit TNI AU mendapati warga di pekarangan rumah dinas dan menegur mereka, namun teguran itu tidak diindahkan sehingga dilakukan tindakan tegas.
 
Warga yang masuk ke rumah dinas tersebut tertembak senapan angin, sehingga dilarikan ke Rumah Sakit (RS) terdekat di Kota Palu, setelah peristiwa tersebut.
Danlanud Sultan Hasanuddin makassar Marsma TNI Bonang Bayuaji memberikan keterangan kepada sejumlah wartawan terkait peristiwa warga tertembak oleh oknum TNI AU di Palu. ANTARA/Kristina Natalia
 
"Sampai di Palu (Jumat-red) pagi, kami langsung ambil ahli semua kasus ini, semoga mendapat solusi yang terbaik," ujarnya.
 
Ia mengemukakan, masuk ke pekarangan rumah dinas ada prosedurnya, karena itu tamu yang berkunjung wajib meminta izin dan lazimnya lewat pintu masuk.
 
"Masyarakat masuk ke pekarangan rumah dinas loncat pagar, itu artinya tidak tidak berizin," ucap Bonang.
 
Atas peristiwa itu, pihaknya telah membicarakan kasus ini dengan keluarga, dewan adat dan pemerintah setempat.
 
Dilaporkan masyarakat tertembak adalah warga Desa Kalora, Kecamatan Kinovaro, Kabupaten Sigi.
 
"Kasus ini juga akan diselesaikan secara adat," kata dia menambahkan.