Dishub Sulteng Jamin Transportasi Untuk Peserta TDCC

id haris, rengga

Kadishub Sulteng Abdul Haris Rengga (Foto Antara)

Kami sudah mengajukan permohonan lewat grup Lion Air untuk minta penerbangan ekstra Palu-Ampana untuk mengangkut para pembalap, dan itu sudah direspon baik oleh pihak Lion Air
Palu,  (Antara) - Dinas Perhubungan Sulawesi Tengah akan menyediakan sarana transportasi yang memadai untuk kepentingan memobilisasi para peserta Tour de Central Celebes yang akan berlomba pada 6 s/d 8 Novenber 2017.

"Keterlibatan kami Dinas Perhubungan dalam TDCC adalah memberikan dukungan sarana dan fasilitas transportasi bagi para pembalap, baik orang-orangnya maupun perlengkapan mereka seperti sepeda," kata Kadishub Sulteng Abdul Haris Rengga yang dihubungi di Palu, Rabu.

Haris menjelaskan pihaknya telah mengajukan permohonan kepada maskapai Lion Air mengenai mobilisasi lewat udara para peserta ke lokasi star di Ampana, Kabupaten Tojo Una Una.

"Kami sudah mengajukan permohonan lewat grup Lion Air untuk minta penerbangan ekstra Palu-Ampana untuk mengangkut para pembalap, dan itu sudah direspon baik oleh pihak Lion Air," ujar Haris.

Dishub Sulteng memilih Lion Air karena hanya maskapai ini yang memiliki penerbangan reguler setiap hari untuk rute Palu-Ampana dengan menggunakan pesawat jenis ATR yang berkapasitas sekitar 70 orang.

Sementara itu barang-barang perlengkapan para pebalap seperti sepeda, akang diangkut dengan mobil-mobil khusus ke Ampana yang berjarak sekitar 380 kilometer perjalanan darat dari Kota Palu.

"Kami menyiapkan sekitar 15 mobil untuk ini dan setiap tim kami juga memberi bantuan satu kendaraan kemudian kami menyediakan sekitar enam bus yang berstandar eksekutif untuk mobilitas para peserta," jelas Haris.

Direncanakan, pemberangkatan penerbangan peserta TDCC Palu-Ampana dilakukan pada tanggal 3 November sesuai jadwal yang telah disusun oleh panitia.

Event internasional ini di ikuti sebanyak 10 tim dari 12 negara dan lima tim berasal dari tahan air dengan jumlah pebalap luar negeri sekitar 120 orang.

Para pebalap ini akan melintasi empat Kabupaten dan satu Kota di Sulteng dengan tiga etape dan finish di depan Kantor Gubernur sulteng, dimana dari titik star para pebalam harus menempuh jarak sekitar 491 kilometer.

Etape I TDCC star dari Taman Khayal, Kabupaten Tojo Unauna menuju Anjungan Festival Danau Poso di Tentena. Etape ini akan dilaksanakan 6 November 2017.

Kemudian etape II star dari alun-alun Sintuvu Maroso, Poso menuju Kantor Bupati Parigi Moutong pada 7 November dan etape III star dari Kayu Bura (eks lokasi Sail Tomini) dan finish di depan Kantor Gubernur Sulawesi Tengah 8 November 2017.

Event sepeda wisata ini, baru kali pertama dilaksanakan di daerah itu sebagai ajang promosi wisata di Sulteng. (skd) 
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar