Bulog Sulteng Yakin Penuhi Target Pengadaan Beras

id bulog

Bulog Sulteng Yakin Penuhi Target Pengadaan Beras

Kepala Perum Bulog Sulteng, Khosin (Foto Antara/Anas Massa)

Dalam dua bulan terakhir ini kami akan maksimalkan pembelian beras di setiap sentra produksi di wilayah Sulteng
Palu,  (antarasulteng.com) - Perum Bulog Sulawesi Tengah yakin bisa memenuhi target pengadaan beras stok nasional di daerah itu sebanyak 42.160 ton.

"Dalam dua bulan terakhir ini kami akan maksimalkan pembelian beras di setiap sentra produksi di wilayah Sulteng," kata Kepala Perum Bulog setempat, Khosin di Palu, Kamis.

Ia mengatakan realisasi penyerapan beras petani di Sulteng yang dilakukan Bulog hingga 31 Oktober 2017 sudah sekitar 35.000 ton atau lebih 80 persen dari prognosa yang ditetapkan Bulog Pusat.

Jika dilihat dari hasil penyerapan tersebut, Khosin sangat optimistis pengadaan beras di Sulteng musim panen (MP) 2017 dapat memenuhi target.

Bahkan, kata dia, kemungkinan besar melebihi target, mengingat selama ini, Bulog setiap harinya bisa membeli beras petani sekitar 300 ton.

Apalagi, kata dia, harga pembelian beras oleh Bulog sudah diatas standar harga pembelian pemerintah (HPP). HPP beras ditetapkan pemerintah Rp7.300/kg.

Bulog Sulteng membeli sekarang ini dengan harga Rp8.030/kg dengan kualitas yang lebih baik.

Peningkatan kualitas beras yang dibeli Bulog dari petani, tentu sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Kita terus meningkatkan kualitas beras yang disalurkan kepada masyarakat," kata Khosin.

Dia juga menambahkan Bulog Sulteng saat ini untuk pertama kalinya menempati peringkat pertama dalam hal penyerapan beras petani secara nasional.

Sulteng sejak awal 2017 sudah berhasil menyerap beras produksi petani. Padahal di tahun-tahun sebelumnya, biasa pengadaan baru bisa dilakukan pada bulan Maret-April.

"Tapi di Sulteng, kita sudah berhasil membeli beras petani pada Januari, meski saat itu belum ada panen," kata dia.(skd)