Sulteng Diguncang Gempa 5,1 SR

id gempa

Sulteng Diguncang Gempa 5,1 SR

Gempa tektonik berkekuatan 5,1 Skala Richter (SR) dan lokasi gempa terletak pada 1.14 lintang selatan, 119.91 bujur timur dengan kedalaman sekitar 10 kilometer selatan arah Kota Palu yang terjadi pukul 17:43 Wita, Sabtu (25/11) (bmkg.go.id)

Palu,  (antarasulteng.com) - Sulawesi Tengah kembali diguncang gempa tektonik berkekuatan 5,1 Skala Richter (SR) sekitar pukul 17:43 Wita, Sabtu.

Lokasi gempa terletak pada 1.14 lintang selatan, 119.91 bujur timur dengan kedalaman sekitar 10 kilometer selatan arah Kota Palu.

Pusat gempa di darat sekitar 5 kilometer arah timur Desa Pakuli, Kabupaten Sigi tidak berpotensi tsunami.

"Iya benar, tadi sekitar pukul 17:00 Wita tejadi gempa dengan kekuatan yang relatif keras sehingga orang banyak berhamburan keluar rumah. Pusat gempa diperkirakan berada di arah selatan Kota Palu yakni di Kabupaten Sigi," kata Kepala Stasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofsika (BMKG) Mutiara Palu, Petrus Ds di Palu.

Petrus menjelaskan, gempa yang berada di darat itu dirasakan di sebagian wilayah di Sulteng yakni Kabupaten Donggala, Parigi Moutong, Sigi, termasuk ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah.

Petrus mengimbau, agar warga di Sulteng tidak perlu panik karena tidak menimbulkan tsunami.

"Saat ini kami terus memantau dan terus memperbaharui informasi," ujarnya.

Sementara itu di Kabupaten Parigi Moutong, kekuatan gempa relatif keras dirasakan warga, namun warga di kabupaten itu tetap mencari posisi aman untuk berlindung di luar rumah.

"Iya, di sini (Parigi Moutong) kami rasakan cukup keras guncangannya. Saat ini kami sudah kembali di rumah masing-masing," kata salah seorang warga Parigi, Wirma Abubakar dihubungi dari Palu. (skd)