Gubernur pimpin upacara ziarah di TMP Palu

id gubernur,HUT Sulteng,TMP,Palu

Gubernur pimpin upacara ziarah di TMP Palu

Gubernur Sulteng Longki Djanggola menabur bunga di pusara mantan Wagub Sulteng H. Sudarto saat ziarah di Taman Makam Pahlawan Tatura Palu, Kamis (12/4) dalam rangka memperingati HUT Ke-54 Provinsi Sulteng, 13 April 2018. (Antaranews Sulteng/Sulapto Sali)

Palu (Antaranews Sulteng) - Gubenur Sulawesi Tengah Drs H Longki Djanggola, M.Si, memimpin upacara di Taman Makam Pahlawan (TMP), Kamis, sebelum melaksanakan ziarah dan tabur bunga di beberapa makam pahlawan, di antaranya kuburan mantan Wakil Gubernur Sulteng, H. Sudarto.

Kegiatan ziarah di TMP ini adalah bagian dari rangkaian menyambut peringatan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) yang ke-53 pada tanggal 13 April 2018.

“Paling tidak dalam acara ini kami ingin mengenang jasa para pahlwan yang telah berjuang, baik membela negara dan bangsa yang sejak sebelum kemerdakaan, setelah kemerdekaan dan mengisi kemerdekaan,” kata Gubernur Longki.

Disamping itu juga ada pahlawan-pahlawan yang memang spesial untuk pemerintah daerah yaitu, wakil gubenur yang meningal di Sulteng dan dimakamkan di TMP ini

“Ya paling tidak kami ingin mendoakan beliau agar betul-betul almarhum bisa diterima di sisi Allah SWT. Habis ini juga saya akan ke kuburan mantan Gubernur Sulteng yang dimakamkan di luar TMP,” katanya.

Baca juga: Jenazah Wagub Sudarto Dimakamkan di TMP Tatura

Juga, kata Longki, dengan dilakukannya ziarah ini akan selalu ingat jasa para pahlawan, khusus wakil gubenur yang telah berjuang memimpin Sulteng bersama dirinya sejak 2011.

“Beliau bersama-sama saya, dan keteladan beliau, disiplin beliau, akan selalu kami kenang. Jadi datang berziarah ini, melihat para pejuang, para suhada, para pengisi kemerdekaan ini memberikan motivasi kepada kami-kami yang masih hidup, satu saat kami juga akan seperti ini,” jelasnya.

Olehnya, kata Longki, selama masih ada kesempatan, maka haruslah berbakti kepada negara dan bangsa khususnya kepada daerah yang dicintai sebelum dipanggil yang maha kuasa.

Hadir dalam ziarah makan pahlawan ini, selain dihadiri dari pejabat, ASN Pemda Sulteng, tampak hadir dari instansi TNI dan Polri, tokoh Agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan ratusan undangan lainnya.

Gubernur Sulteng Longki Djanggola meletakkan karangan bunga di Taman Makam Pahlawan Tatura Palu, Kamis (12/4) dalam rangka ziarah guna memperingati HUT Ke-54 Provinsi Sulteng, 13 April 2018. (Antaranews Sulteng/Sulapto Sali)