Wonderful Indonesia ajak warga Oman berwisata

id wonderful

Festival Wonderful Indonesia yang bertujuan mempromosikan destinasi wisata Indonesia kepada masyarakat di Oman kembali digelar Kementerian Pariwisata dan KBRI Muscat di Oman, 27-29 April 2018. (Foto Antara/ist)

London, (Antaranews Sulteng) - Festival Wonderful Indonesia yang bertujuan mempromosikan destinasi wisata Indonesia kepada masyarakat di Oman kembali digelar Kementerian Pariwisata dan KBRI Muscat di Oman, 27-29 April 2018.

Kemenpar mendatangkan delapan agen perjalanan dan hotel dari tanah air untuk menawarkan berbagai tujuan wisata kepada warga Oman yang sejak tahun 2014, jumlah wisatawan Oman ke Indonesia terus meningkat pesat, kata Pensosbud KBRI Muscat, Virgino Rikaryanto kepada Antara London, Selasa.

Baca juga: "Wonderful Indonesia" akan hiasi 40 taksi Marseille

Pada tahun lalu, jumlah wisatawan Oman ke Indonesia menduduki posisi  kedua di Timur Tengah dengan kunjungan 16.568. Sekali berkunjung ke Indonesia, pada umumnya wisman Oman datang bersama keluarga dan menghabiskan waktu cukup lama, dengan kisaran dua minggu hingga satu bulan.    

Selama dua hari pertama, Wonderful Indonesia hadir secara langsung di tengah-tengah masyarakat Oman dengan menggelar panggung di pusat perbelanjaan terbesar , Oman Avenues Mall. Pengunjung mall bisa memilih langsung paket  destinasi wisata yang ditawarkan, mulai dari kelas ekonomis hingga premium.

Penawaran paket wisata, calon konsumen dihibur dengan berbagai kesenian khas Indonesia mulai dari Tari Legong Kraton (Bali), Tari Enggang (Kalimantan),  Ondel-Ondel (Jakarta) hingga Tari Saman (Aceh) yang  dibawakan masyarakat Indonesia di Oman.

Selain itu pengunjung juga dihibur alunan musik merdu dari sasando yang dimainkan Bertho Pah yang berhasil menyihir penonton.

Sebagian anak-anak terpikat untuk mencoba memainkan alat musik tradisional Nusa Tenggara Timur tersebut. Bertho pun dengan sabar melayani permintaan.

Suguhan kopi khas Indonesia seperti Kopi Aceh Gayo, Mandheling, Luwak, Toraja dan Bali Kintamani membuat pengunjung betah berada di sekitar gerai Wonderful Indonesia untuk menyimak informasi wisata yang ditawarkan.

Baca juga: Menteri Pariwisata keliling London promosikan "Wonderful Indonesia"

Sebagai bagian dari rangkaian festival, digelar promosi budaya dalam bentuk upacara pernikahan adat Yogyakarta untuk undangan terbatas.

Para tamu wanita yang terdiri dari kalangan keluarga kerajaan Oman, korps diplomatik dan pengusaha, diajak menyaksikan langsung resepsi pernikahan ala Jawa, lengkap dengan segala ritual dan asesorisnya yang  didatangkan langsung dari Yogyakarta.

Sejumlah tamu  mengira acara ini merupakan pesta pernikahan sesungguhnya. Mereka pun semakin tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang budaya Indonesia dan kehidupan masyarakat Indonesia di tanah air.

Menutup rangkaian festival, Kemenpar, KBRI Muscat dan Oman Air mengundang  pengusaha wisata di Oman untuk menghadiri Wonderful Indonesia Travel Gathering yang dihadiri 40 perusahaan  untuk menjajaki peluang kerja sama dengan calon mitranya dari Indonesia.     

Pada kesempatan itu, Dubes RI untuk Oman, Musthofa Taufik Abdul Latif, mengajak   pengusaha wisata Oman memanfaatkan potensi Indonesia sebagai tujuan wisata, khususnya menjelang libur musim panas  berlangsung di Oman selama bulan Juni-Agustus mendatang.     

Dubes Musthofa mengakui ketika ia datang, masyarakat Oman masih sedikit yang mengenal Indonesia. Namun dalam beberapa tahun terakhir ini, berkat upaya promosi, termasuk oleh agen wisata di Oman, nama Indonesia semakin dikenal sebagai tujuan wisata yang patut dikunjungi.  

Peningkatan arus wisatawan dari Oman ke Indonesia dengan angka lebih dari 33%  pada tahun 2017 merupakan  terbesar ketiga secara global, setelah Rusia dan Tiongkok. Oman Air pun menyadari potensi ini dan turut mendukung Festival Wonderful Indonesia dengan menjadi sponsor utama.

Baca juga: Promosi pariwisata Indonesia di Prancis
Pewarta :
Editor: Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar