Arus mudik - MTI : sepeda motor rentan kecelakaaan

id Mudik

Arus mudik  - MTI : sepeda motor rentan kecelakaaan

Sejumlah pemudik melintasi jalur Pegunungan Kebun Kopi, Sulawesi Tengah, Minggu (10/6). Hingga H-5 lebaran, arus mudik dikawasan tersebut tepantau ramai, lancar dan aman. ANTARASulteng/Mohamad Hamzah

Sepeda motor paling rentan celaka
Palu, (Antaranwes Sulteng) - Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Sulawesi Tengah menyatakan pemudik yang menggunakan sepeda motor paling rentan mengalami kecelakaan lalu lintas.

"Sepeda motor paling rentan celaka," kata Ketua MTI Sulawesi Tengah Taslim Bahar, saat merespon kegiatan mudik di daerah tersebut, di Palu, Rabu.

Taslim Bahar mengatakan sebagian pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua, apalagi yang mengendarainya merupakan remaja atau anak muda maka cendeng melaju.

Di sisi lain, sebut dia, pengendara kurang memperhatikan rambu-rambu lalu lintas yang terpajang di areal rawan kecelakaan.

Karena itu, remaja dan pemuda yang mudik dengan kendaraan roda dua, sebaiknya tidak terburu-buru mengendarai kendaraan dan memperhatikan rambu lalu lintas.

"Jangan mementingkan kecepatan kendaraan. Tetapi pentingkan keselamatan dalam berkendaraan," ujar Taslim.

MTI, sebut Akademisi Universitas Tadulako ini, menghimbau pemudik yang menggunakan roda dua untuk memeriksa kendaraannya dan memastikan kendaraan layak untuk di gunakan.

Namun, akui dia, bila dimungkinkan untuk mudik menggunakan roda empat atau transportasi laut seperti kapal, maka sebaiknya gunakan transportasi tersebut.

"Kami malah mengimbau dan menganjurkan untuk menggunakan roda empat atau kapal laut, ini tentu jauh lebih aman ketimbang melintas di tanjakan, melewati gunung dengan jarak tempuh yang sangat jauh menggunakan roda dua," kata Taslim.

Lanjut ia mengemukakan setiap pemudik sebaiknya beristirahat di setiap posko pengamanan mudik dan lebaran yang telah sisediakan.

Hal itu untuk mengstabilkan kendaraan dan kesehatan pemudik utamanya sopir.