Mabes TNI pantau TMMD di Poso

id TMMD,DODA,POSO

Mabes TNI pantau TMMD di Poso

Tim pengawasan dan evaluasi Mabes TNI yang akan melihat dari dekat kediatan TMMD 2018, disambut dengan adat Lore di Desa Doda, Rabu (1/8) (Antaranews Sulteng/Istimewa)

Poso (Antaranews Sulteng) - Tim Pengawasan dan Evaluasi (wasev) Mabes TNI telah mengunjungi lokasi TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) di Desa Doda, Kecamatan Lore Tengah, Kabupaten Poso, pada Rabu (1/8) malam untuk memantau pekerjaan fisik TMMD.

Dandim 1307/Poso Letkol Dodi Tryo Hadi mengatakan di Poso, Sabtu, tim wasev saat berada di lokasi TMMD melakukan tatap muka dan berdialog dengan masyarakat. 

Staf Ahli Pangdam XIII/Mdk Bidang Hukum dan Humaniter Kolonel Inf M.Muchidin dalam sambutannya mengatakan Tim Wasev berterima kasih kepada warga Desa Doda yang telah menyambut kedatangan tim dengan baik.

Tim wasev mengakui Poso merupakan tempat wisata yang sangat bagus dan populer khususnya di wilayah Lore. Namun hingga saat ini belum dapat dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia karena beberapa hal terutama akses internet kurang mendukung. Akibatnya informasi mengeni keindahan Lore tidak dapat tersebar ke pelosok Indonesia dengan cepat.

Ia berharap kedepan apabila kendala tersebut dapat teratasi, maka kekayaan budaya dan ilmu pengetahuan terkait peninggalan sejarah yang ada di Lore ini akan berkembang dengan cepat.

"Pembukaan akses jalan yang dikerjakan bersama-sama dalam TMMD jangan sampai mubazir tetapi dimanfaatkan dan dipelihara dengan maksimal. Ini merupakan akses yang dapat memberikan kemudahan dan keuntungan bagi kita untuk melaksanakan aktifitas ke depan lebih baik," ujar Muchidin.

Muchidin menghimbau kepada warga masyarakat Desa Doda tidak berkecil hati mengenai kendala jaringan telekomunikasi dan lampu/listrik. Dengan hambatan tersebut, kita lebih giat dan dapat sukses demi kemajuan Desa Doda.

Dalam tatap muka itu, Camat Lore Tengah Marten Weku mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada Komandan Kodim 1307/poso yang telah menyelenggarakan TMMD serta masyarakat yang telah mendukung kegiatan TMMD. 

Sementara Dandim 1307/Poso mengatakan bahwa TMMD di Desa Doda berjalan dengan baik dan sinergis dengan masyaraat.

Selai kegiatan fisik membangun jalan, TMMD ini juga diwarnai dengan penyuluhan bela negara secara terpadu, baksos, latihan baris-berbaris dan gerak jalan, latihan bela diri Yongmodo kepada anak-anak remaja, perpustakaan keliling oleh para Babinsa Kodim 1307/Poso, pembekalan tentang Wawasan Kebangsaan kepada warga masyarakat serta nonton bareng film perjuangan.

"Selaku Dansatgas TMMD ke-102 Kodim 1307/Poso, kami laporkan kepada tim Wasev bahwa personel TMMD dan warga masyarakat telah terjalin hubungan kerja sama dan kebersamaan yang baik, sehingga dalam pelaksanaan TMMD di Desa Doda ini dapat berjalan dengan baik," tutur Dodi.